Kombinasi Latihan Otot yang Tidak Boleh Digabung, Hindari agar Tidak Cedera
Kombinasi latihan otot yang tidak boleh digabung (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Banyak orang menjalani olahraga latihan otot karena ingin memiliki tubuh kekar dan kuat. Setiap bagian tubuh memiliki jenis-jenis otot yang dapat dipompa atau ditingkatkan performanya. Bahkan sejumlah atlet atau binaragawan kerap menerapkan kombinasi latihan otot untuk mendapatkan hasil maksimal. Namun Anda perlu tahu ada kombinasi latihan otot yang tidak boleh digabung. 

Biasanya orang-orang memilih latihan otot di tempat fitnes atau gym karena terdapat peralatan olahraga yang lengkap. Dengan memanfaatkan peralatan yang ada di gym, Anda bisa melakukan kombinasi latihan otot. Misalnya Anda melakukan latihan yang menggerakkan otot lengan dengan otot dada, atau otot kaki dengan otot perut. 

Menerapkan kombinasi latihan otot akan mempercepat pembentukan otot secara maksimal. Namun teknik latihan harus dilakukan secara tepat. Jangan sampai Anda melakukan kombinasi latihan otot yang tidak boleh digabung demi keselamatan dan keamanan Anda..

Kombinasi Latihan Otot yang Tidak Boleh Digabung

Berikut ini beberapa kombinasi latihan otot yang tidak boleh digabung:

Kombinasi Latihan Otot Antagonis atau Berlawanan

Bagi pemula yang menjalani latihan otot perlu tahu jenis otot antagonis. Jenis otot ini adalah otot yang memiliki sifat yang saling bertentangan, contohnya otot punggung dan otot dada. Beberapa atlet atau binaragawan yang sudah berpengalaman memang sering menggabungkan latihan otot ini untuk memperoleh hasil yang optimal.

Namun jika Anda masih pemula, sebaiknya dihindari kombinasi latihan otot antagonis. Penerapan kombinasi latihan otot ini termasuk berat karena melibatkan aktivitas otot bagian atas tubuh secara bersamaan. Bagi yang belum terbiasa, latihan ini justru menyebabkan otot jadi tegang dan cepat lelah, serta menimbulkan rasa nyeri hingga potensi cedera.

Kombinasi Latihan Otot Sejenis

Pemula sebaiknya juga tidak melakukan kombinasi latihan otot sejenis. Misalnya dengan menerapkan latihan yang menggabungkan otot trisep dan otot dada, atau latihan otot bisep dan otot punggung. Namun di samping itu, gabungan latihan otot ini memiliki beberapa keunggulan.

Ketika Anda melatih otot dada, otot trisep juga akan terstimulasi. Jadi pada sesi latihan berikutnya Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk pemanasan tambahan, sehingga Anda bisa langsung ke latihan inti. Namun sebaiknya hindari kombinasi latihan otot sejenis dalam dalam satu hari. Misalnya menjalani latihan otot punggung dan dada, atau bahkan mengkombinasikan latihan otot bisep dan otot trisep.

Kombinasi Latihan Otot Berhubungan

Di dalam tubuh terdapat berbagai jenis otot dengan karakteristik yang berbeda. Sebaiknya hindari kombinasi latihan otot yang berhubungan atau memiliki kaitan erat secara anatomi. Misalnya menggabungkan latihan otot perut dan otot dada dalam satu latihan. 

Otot-otot di tubuh yang memiliki hubungan secara anatomi termasuk kategori latihan otot yang tidak boleh digabungkan. Hal ini juga berlaku untuk gabungan latihan otot punggung dan otot dada secara bersamaan. Mengingat keterkaitan antara otot-otot ini, ketika latihan dilakukan pada satu sesi maka kelompok otot lainnya akan ikut bergerak dan memberikan tekanan.

Demikianlah beberapa kombinasi latihan otot yang tidak boleh digabung. Meskipun menerapkan gabungan latihan otot bisa memberikan hasil yang maksimal dan cepat dalam pembentukan otot, namun sebaiknya Anda mengenali teknik dan efeknya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu terbaru menghadirkan dan terupdate nasional maupun internasional.