Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2023: Tunggal Putri Diharapkan Mengeluarkan Kemampuan Terbaik secara Konsisten
Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Wardani. (Foto via Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Para pemain tunggal putri Indonesia diharapkan bisa mengeluarkan kemampuan maksimal di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2023. Mereka juga diharapkan bisa tampil konsisten sepanjang turnamen.

Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2023 akan dihelat pada 21-27 Agustus mendatang. PBSI mengirimkan Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani di sektor tunggal putri.

"Yang saya mau, mengeluarkan kemampuan maksimal dulu, terutama Putri yang pada pertandingan terakhir selalu naik turun," ujar pelatih tunggal putri, Indra Wijaya.

"Gregoria juga sama. Di Korea kurang baik, di Jepang jauh lebih baik. Saya rasa di Kejuaraan Dunia, babak demi babak harus dicermati. Itu yang harus dipersiapkan," lanjutnya, seperti dikutip Antara.

Dia mengatakan, persiapan untuk Gregoria dan Putri KW menuju Kejuaraan Dunia sudah berjalan baik. Baik dari segi taktik maupun fisik.

"Sekarang tinggal maintain kebugaran dan feeling-nya," imbuh Indra.

Lebih lanjut, Indra pun mengatakan kondisi dan kepercayaan diri Putri KW memang sempat menurun di beberapa turnamen terakhir. Mental bertanding sang atlet kini coba diperbaiki dalam latihan.

"Ini yang coba kami terus perbaiki dalam latihan, diskusi dari ngobrol, semuanya. Diharapkan dari latihan dan lainnya, persiapan saya lihat sangat baik," tutur Indra.

"Tinggal nanti penampilan di pertandingan. Pressure yang saya rasa tidak perlu, tapi kadang dia masih bawa ke pertandingan. Itu jadi membebani diri sendiri," lanjutnya.

Sang pelatih pun tidak memasang target tertentu untuk para pemainnya. "Minimal target kami, setidaknya mengeluarkan dulu permainan terbaiknya. Jangan terbebani hal nonteknis yang tidak perlu," ujar dia.