Bagikan:

YOGYAKARTA – FIBA World Cup 2023 akan digelar di Indonesia pada 25 Agustus hingga 3 September mendatang. Salah satu ajang basket internasional terbesar itu akan menjadikan Indonesia Arena sebagai venue. Meski demikian, belum banyak yang mengenal Indonesia Arena.

Artikel berikut ini akan memberikan informasi tentang Indonesia Arena, tempat yang akan digunakan pada event basket dunia FIBA World Cup 2023.

Mengenal Indonesia Arena

Indonesia Arena adalah salah satu stadion indoor yang dimiliki Indonesia. Stadion ini berada di kompleks olahraga Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Dalam situs Indonesia.go.id disebutkan bahwa stadion Indonesia Arena dibangun oleh rumah produksi Alien Design Consultant, Aboday, dan Svein Studio. Sedangkan kontraktor stadion tersebut adalah BUMN Karya yakni PT Penta, PT Nindya Karya, dan PT Adhi Karya.

Indonesia Arena dibangun di atas lahan dengan luas 30.270 m2. Indonesia Arena sendiri dibangun mulai Desember 2021 dan diresmikan pada Juli 2023.

Indonesia Arena dibangun dengan lima lantai, dengan satu lapangan utama dan dua lapangan untuk latihan. Selain itu Indonesia Arena dilengkapi dengan ruang ganti untuk pemain, kolam jacuzi, toilet untuk penonton, kamar bilas untuk pemain, tribun VVIP, ruang media dan konferensi pers, lift, hingga eskalator.

Tribun tier 2-3 Indonesia Arena dibuat permanen, di tier 1 dilengkapi teknologi telescopic tribune sehingga bisa dilipat secara otomatis. Dengan teknologi tersebut bangku penonton bisa disesuaikan dengan mudah menyesuaikan luas lapangan.

Renovasi yang dilakukan di Indonesia Arena membuat kapasitas penonton menjadi 13.500 orang. Namun lapangan menjadi lebih luas yang semula 77 meter x 47 meter menjadi panjang 80-85 meter dan lebar 46-55 meter.

Saat ini Indonesia Arena dipersiapkan untuk menyambut Piala Dunia Basket FIBA 2023 yang digelar bulan Agustus 2023. Pertandingan tersebut diikuti oleh 32 negara.

Menyambut pertandingan tersebut, Direktur Eksektutif FIBA World Cup 2023 David Crocker sempat berkunjung ke Indonesia untuk pengecekan pada Juli lalu. Menurutnya tak ada kekurangan di tempat tersebut.

"Meskipun saya berusaha mencari-cari, saya pikir saya tidak akan menemukan cela di sini. Ini stadion yang benar-benar baru, berstandar kelas dunia," ucap David Crocker di Indonesia Arena GBK Jakarta pada Selasa, 11 Juli, dikutip dari Antara.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) juga telah meresmikan gedung olahraga Indonesia Arena pada hari Senin, 7 Agustus. Ia memberikan apresiasi pembangunan infrastruktur yang menurutnya dapat dibangun dalam waktu yang relatif cepat.

“[Indonesia Arena] dibangun dengan biaya Rp640 miliar. Pembangunan ini selama 18 bulan, sangat cepat sekali,” katanya, dikutip dari situs Setkab.

Presiden Jokowi mengatakan, Indonesia Arena tak hanya bisa digunakan untuk acara olahraga namun juga untuk penyelenggaraan konser.

“Jadi sekarang yang mau konser silakan segera daftar, karena saya yakin ini akan banyak, akan lebih banyak digunakan untuk konser. Tapi saya lebih senang kalau dipakai untuk olahraga, tapi konser juga penting karena saya juga senang,” tuturnya.

Selain mengenal Indonesia Arena, kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.