Hasil Liga 1 2023/2024: Persija Jakarta dan Madura United Kompak Menang, Derbi Sleman dan Persis-Arema Berbagi Poin
Skuad Persija Jakarta (Foto: Persija.id)

Bagikan:

JAKARTA - Persija Jakarta berhasil menuntaskan laga pekan ke-5 Liga 1 2023/2024 dengan hasil memuaskan. Menjamu Persebaya Surabaya di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu 30 Juli, Macan Kemayoran pulang dengan tiga poin setelah menang 1-0.

Kemenangan yang diraih Persija Jakarta juga berhasil diikuti oleh Madura United yang tampil di waktu yang sama melawan Barito. Sementara dua laga sebelumnya yang dimainkan empat tim di pekan ke-5 berakhir imbang.

Persija Jakarta mencoba tampil menekan sejak peluit awal dibunyikan wasit, tim asuhan Thomas Doll langsung menekan ke dalam pertahanan Bajul Ijo untuk membuka peluang. 

Pada menit ke-19 peluang terbuka untuk Macan Kemayoran, tendangan keras Firza Andika dari tengah lapangan berpeluang jadi angka. Tapi ternyata bola melesat terlalu kiri dari arah gawang Persebaya, peluang gagal dikonversi menjadi gol. 

Tiga menit berselang Persija kembali mendapatkan peluang emas, bukan cuma sekali tapi dua kali berturut-turut. Namun lagi-lagi gagal menjadi gol pembuka, sebab bola yang ada di bawah penguasaan Riko Simanjuntak melambung terlalu tinggi dan tendangan pemain di depan gawang lawan masih bisa di tepis Andika Ramadhani.

Kebuntuan Persija Jakarta akhirnya pecah saat memasuki menit ke-38. Tendangan Witan Sulaeman dari sisi kanan pertahanan Persebaya disambut baik oleh Ryo Matsumoto. Dengan posisi dan akurasi ciamik Ryo berhasil melesakkan bola ke gawang Persebaya hingga membuat skor berubah 1-0 untuk Persija Jakarta dan bertahan hingga turun minum.

Pada awal babak kedua, giliran Persebaya Surabaya yang berusaha mengejar ketertinggalan. Tim asuhan Aji Santoso itu langsung tampil menyerang ke pertahanan Macan Kemayoran tapi tak langsung berbuah manis.

Hingga menjelang pertengahan babak kedua, Persebaya Surabaya masih tampak kesulitan menembus pertahanan tim Ibu Kota, sejumlah peluang tercipta tapi masih bisa dimentahkan Riko Simanjuntak dkk.

Pertandingan semakin alot mendekati akhir laga waktu normal. Jual beli serangan terus terjadi untuk mengubah keadaan dua kubu. Empat menit waktu tambahan kemudian diberikan wasit tapi skor tak juga berubah hingga peluit pankjang berbunyi. Persija sukses menang 1-0 atas Persebaya.

Di pertandingan lain yang juga digelar pada Minggu, 30 Juli, empat tim yang tampil sore hari harus rela berbagi poin. Derby Sleman yang menampilkan RANS Nusantara FC vs PSS Sleman berakhir 0-0 di Stadion Maguwoharjo.

Sedangkan Persis Solo yang menjamu Arema FC di Stadion Maladi Sriwedari juga tak jauh beda. Dua tim ini harus berbagi poin karena laga berakhir imbang 1-1.

Sedangkan Madura United yang tampil melawan Barito Putera di jam yang sama dengan laga Persija Jakarta sukses menuntaskan laga dengan torehan tiga poin lewat skor akhir 2-1. 

Terkait