Profil Mason Mount Gelandang Baru Manchester United Lulusan Akademi Chelsea
Profil Mason Mount (Foto: Twitter/@ManUtd)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Mason Mount resmi pindah dari Chelsea ke Manchester United di bursa transfer musim panas 2023. MU telah mengumumkan bergabungnya Mason Mount dengan tim setan merah pada Rabu (5/7/2023). Para Manchunian atau penggemar MU pun penasaran dengan profil Mason Mount.

Mason Mount telah sah berseragam Manchester United dengan perjanjian kontrak lima tahun dan opsi untuk 12 bulan lagi. Untuk mendapatkan pemain timnas Inggris ini, MU mengeluarkan 55 juta pound atau Rp899,6 miliar kepada Chelsea dengan tambahan 5 juta pound. 

Kepindahan Mason Mount cukup mengejutkan pecinta Premier League karena gelandang berusia 24 tahun ini hanya berlabuh ke sesama klub Inggris. Lantas seperti apa profil Mason Mount dan track recordnya di dunia sepak bola?

Profil Mason Mount

Mason Mount lahir di Portsmouth pada 10 Januari 1999. Ia merupakan anak dari Tony Mount mantan pemain dan pelatih di level non liga di Inggris. Kedekatan Mount dengan bidang olahraga sudah terwariskan dari kakeknya yang seorang petinju amatir. 

Mason Mount kecil sudah gemar bersentuhan dengan kulit bundar di lapangan hijau. Pada tahun 2005, Mount sudah bergabung dengan akademi Chelsea. Ia juga ikut berlatih di pusat pengembangan pemain muda Portsmouth saat berusia enam dan delapan tahun. 

Pada mulanya ayah Mount sempat ragu mempercayai putranya untuk menempuh pendidikan sepak bola di akademi Chelsea. Ayah Mount khawatir anaknya tidak mendapatkan jalur untuk bergabung dengan tim utama The Blues. 

Namun Mason Mount bertekad ingin tetap berkembang bersama akademi Chelsea. Ia merasa tertantang untuk belajar dan ingin merasakan tingginya kualitas persaingan di akademi klub London Biru tersebut.

Perjalanan Karier Mason Mount

Mason Mount merupakan salah satu generasi pemain 1999 di Chelsea yang kini berhasil mencuri panggung Liga Inggris. Ia berproses dengan rekan seangkatannya pada waktu itu, di antaranya Eddie Nketiah, Declan Rice, Rhian Bewster, dan Reece James. 

Berkat kegigihannya menempa karier sepak bola, Mason Mount akhirnya mendapat kesempatan untuk masuk ke tim utama Chelsea. Ia dipercaya tampil bersama tim U23 Chelsea meski pada waktu itu usianya baru 17 tahun. 

Saat berusia 18 tahun, Mount sukses promosi ke tim senior Chelsea. Namun pada waktu itu ia menjadi pemain pinjaman ke  Vitesee (2017/2018) dan Derby Country (2018/2019) untuk menambah pengalaman atau jam terbang. 

Usai status pinjamannya berakhir, Mason Mount kembali mengisi skuat Chelsea. Mount tampil reguler bersama London Biru mulai musim 2019/2020. Mount beraksi di lapangan hijau memakai nomor punggung 10. Pada Premier Leage 2021/2022, Mount berhasil menorehkan 11 gol dan 10 assist. 

Mason Mount berhasil mendapat kepercayaan dari manajer Chelsea sebagai lima besar pemain dengan menit penampilan terbanyak. Ia pernah bermain di bawah asuhan beberapa pelatih, mulai dari Frank Lampard, Thomas Tuchel, dan Graham Potter. 

Mount juga turut mendapat tempat di level internasional dengan memperkuat timnas Inggris. Bersama Three Lions, Mount telah bermain sebanyak 36 kali dan mengantongi 5 gol sejak debutnya mulai September 2019. 

Demikianlah profil Mason Mount mantan pemain Chelsea yang saat ini resmi berseragam Manchester United. Bergabungnya Mount di MU diharapkan dapat memambah daya gedor tim besutan Erin Ten Hag untuk musim berikutnya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.