Hasil Liga Inggris: Bertandang ke Elland Road, Chelsea Dipermalukan Leeds United 0-3
Para pemain Leeds United melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Chelsea di Stadion Elland Road, Minggu 21 Agustus 2022. (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Leeds United mempermalukan Chelsea 3-0 dalam matchday ke-3 Liga Premier Inggris di stadion Elland Road, Leeds pada Minggu malam WIB.

Tiga gol tim tuan rumah masing-masing dicetak oleh Brenden Aaronson, Rodrigo Moreno dan Jack Harrison. Sementara itu Chelsea dalam harus bermain dengan 10 orang di penghujung babak kedua setelah Kalidou Koulibaly dikartu merah wasit.

Kekalahan ini membuat tim asuhan Thomas Tuchel itu turun ke peringkat ke-12 klasemen sementara dengan 4 poin, sementara itu Leeds naik ke peringkat kedua dengan tujuh poin dan tertinggal dua poin dari Arsenal.

The Blues langsung dapat peluang di menit pertama. Raheem Stering mendapat bola dan langsung menusuk ke dalam kotak penalti. Sayangnya, sepakan eks Manchester City itu masih melebar tipis dari gawang.

Pada menit ke-4, Leeds gantian membalas. Sepakan Jack Harrison masih mengarah ke kiper The Blues, Mendy.

Chelsea sempat mencetak gol pada menit ke-15. Cucurella mengirim umpan lambung kepada Sterling dan dia menceploskan bola ke gawang Leeds. Sayangnya hakim garis mengangkat bendera karena Sterling sudah dalam posisi offside.

Lima menit kemudian, Leeds punya peluang. Sepakan Rodrigo dari sisi kiri pertahanan Chelsea masih melebar dari gawang Mendy.

Pada menit ke-22, Mason Mount dapatkan peluang emas. Mendapat umpan dari sundulan Kai Havertz di tengah lapangan, Mount masuk ke dalam kotak penalti dan melepaskan sepakan mendatar yang mampu ditepis kiper Meslier.

Rodrigo mengancam Chelsea lagi. Pada menit ke-31 lewat sebuah serangan balik, sepakan kerasnya dapat diamankan Mendy.

Dua menit kemudian, Mendy menerima backpass. Kiper Senegal itu terlalu lama menahan bola yang disambar oleh Brenden Aaronson sebelum menceploskan si kulit bundar dengan mudahnya. Skor menjadi 1-0 untuk tim tuan rumah.

Pada menit ke-37, Leeds menambah golnya. Rodrigo menanduk bola dari tendangan bebas Harrison yang tidak bisa dihentikan Mendy. Leeds unggul 2-0.

Setelahnya, laga berjalan lebih keras. Chelsea terus menekan tetapi sulit mengejar ketertinggalan. Leeds United sementara memimpin 2-0 di babak pertama.

Selepas jeda babak pertama, Chelsea coba menekan lebih dahulu dan Leeds United bertahan lebih dalam.

Mason Mount dapatkan peluang pada menit ke-50, tetapi sepakannya diblok barisan belakang Leeds.

Pada menit ke-58, Gallagher mengancam. Sepakan mendatar gelandang Chelsea itu menyamping tipis dari sasaran.

Chelsea terus menekan. Kali ini Reece James melakukan percobaan pada menit ke-65, bek kanan itu melepas tembakan dari luar kotak penalti. Sayangnya Meslier mampu menepisnya.

Leeds United menambah golnya pada menit ke-69 via Jack Harrison. Berawal dari serangan Leeds di sisi kiri, James mengoper bola ke depan gawang Chelsea.

Rodrigo memantulkan bola yang langsung disambar oleh Harrison hingga membuat Mendy tidak berkutik. Kedudukan menjadi 3-0.