Gol Indah Fernandes ke Gawang Liverpool Tak Lepas dari Aksi Main 'Kucing-Kucingan' dengan Wasit
Bruno Fernandes lakukan tipuan terhadap wasit dalam laga kontra Liverpool (Tangkapan layar video Insider.com)

Bagikan:

JAKARTA - Gelandang Portugal Bruno Fernandes menjadi penentu kemenangan Manchester United atas Liverpool di babak empat Piala FA yang berlangsung pada Minggu, 24 Januari malam. Tendangan bebas indahnya tak mampu ditaklukkan kiper The Reds, Alisson Becker. Tapi, tahukah Anda, ada kejadian menarik sesaat sebelum tendangan bebas itu dieksekusi Fernandes.

Manchester United bermain 'kucing-kucingan' dengan wasit dalam laga itu. Saat skor imbang 2-2 pada menit ke-78, United memperoleh tendangan bebas dari tepi area penalti. 

Melihat video yang diunggah Insider, setelah wasit mengatur bola di posisi yang menurut dia tepat sebagai titik pelanggaran, Fernandes memindahkan bola lebih jauh ke belakang untuk meningkatkan sudutnya ke gawang.

Wasit melihat ini dan memindahkan bola tersebut kembali ke tempat semula. Setelah Fernandes, Fred dan Marcus Rashford mengajukan keberatan, wasit mengembalikan bola ke titik semula dengan kakinya.

Namun, hal tersebut tidak menghentikan Fernandes saat dia dan rekan satu timnya mengalihkan perhatian wasit dengan ucapan, "Lihat di belakangmu!" pindah. Saat wasit membuang muka, Fernandes memindahkan kembali bola itu. Seakan lelah, wasit membiarkan bola itu di tempat barunya tanpa memindahakannya sedikit pun. Fernandes lantas melakukan tendangan bebas. Lihat videonya di sini.

'Kucing-kucingan' tadi berhasil membantu Fernandes membawa bola menembus dinding Liverpool dan merobek jala Alisson. Skor 3-2 berakhir hingga peluit panjang dibunyikan dan United melaju ke putaran kelima Piala FA.

Selepas pertandingan, pelatih Ole Gunnar Solskjaer mengatakan, Fernandes menghabiskan hampir 45 menit untuk melatih eksekusi tendangan bebas dalam sesi latihan terakhir jelang laga melawan Liverpool.

Kerja keras Fernandes itu terbayar lunas meski harus diawali bermain 'kucing-kucingan' dengan wasit.

"Gol indah dengan tendangan bebas yang bagus," kata Solskjaer mengomentari gol Fernandes itu selepas laga dilansir laman resmi MU.

"Saya rasa kemarin dia menghabiskan hampir 45 menit setelah sesi latihan untuk melatih tendangan bebas, jadi saya cukup percaya diri dia akan mencetak gol dari tendangan bebas tadi," ujarnya menambahkan.

Solskjaer mengaku biasanya dia tidak akan membiarkan Fernandes terlalu lama di lapangan latihan jika si pemain akan turun sejak awal laga di pertandingan berikutnya.

Namun, Fernandes tidak menjadi starting eleven dalam laga kontra Liverpool dan baru turun pada menit ke-67 menggantikan Donny van de Beek untuk memainkan peranan supersub penentu kemenangan.