Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 di Indonesia, Stadion Manahan Solo Ditunjuk Jadi Venue Penyelenggara
Stadion Manahan, Surakarta (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Indonesia resmi menjadi tuan rumah kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Untuk acara itu, Stadion Manahan di Solo ditunjuk sebagai tempat penyelenggaraan acara.

Dalam sesi kualifikasi yang bakal berlangsung pada 4-12 September mendatang, Indonesia dipastikan menjadi tuan rumah. Skuad Garuda Nusantara tergabung di Grup K bersama Turkmenistan dan Taiwan.

Stadion Manahan Solo ditunjuk menjadi lokasi penyelenggaraan mengingat statusnya memenuhi standar internasional. PSSI pun menjadikan momen ini sebagai kesempatan untuk menunjukan kecakapan stadion di Tanah Air.

“Kesempatan yang luar biasa untuk Kota Solo yang punya stadion standar internasional ini. Artinya pertandingan pertandingan internasional bisa dilakukan di Kota Solo,” kata Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dalam keterangan yang diterima Minggu, 4 Juni.

"Inilah kenapa PSSI berkomunikasi dengan FIFA dan AFC untuk mempertimbangkan fasilitas ini dapat digunakan untuk salah satu babak penyisihan (kualifikasi) yang ada sebelas grup dan salah satunya di Indonesia untuk Piala Asia U-23,” lanjutnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu lantas berharap agar kota Solo yang ditunjuk sebagai tempat penyelenggaraan bisa menjadi tuan rumah yang baik dalam menggelar laga internasional di ajang kelompok umur tersebut.

“Jangan sampai kepercayaan yang diberikan kepada Indonesia, baik di dalam negeri maupun internasional, apalagi saya memastikan AFC dan PSSI sudah kembali menunjuk Solo,”

“Jadi saya rasa ini perlu benar benar dijaga, jangan sampai sepakbola kita ada persepsi negatif di luar, ini yang mau dibangun,” ungkapnya.

Setelah mengabarkan bahwa Stadion Manahan bakal menjadi lokasi penyelenggaraan Kualifikasi Piala Asia U-23, Erick Thohir sudah melihat kesiapan dan kondisi lokasi, selanjutnya ia akan meninjau fasilitas penunjang lain untuk menggelar kualifikasi Piala Asia U-23 2023.

“Selanjutnya kita akan lihat nanti fasilitas kesiapan hotel-hotel yg akan kita kerja samakan. Kita masih menunggu hotel mana yg mau kerja sama dengan AFC dan PSSI untuk jadi tempat tim dari tamu bisa hadir di sini,” tukas Erick.