Shin Tae-yong Panggil 27 Pemain untuk Persiapan Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, Pemain <i>Aboard</i> Bakal Bergabung
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Foto: Dok. PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong bakal memanggil 27 pemain untuk persiapan Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Rencananya ada beberapa nama pemain abroad atau pemain yang bermain di luar negeri, yang disertakan.

Lima nama pemain aboard yang akan dipanggil antara lain Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Marselino Ferdinan (KMSK Deinze), Ivar Jenner (Jong Utrecht), dan Rafael Struick (ADO Den Haag).

Setelah keluar sebagai runner up di Piala AFF U-23, fokus Skuad Garuda Muda segera berganti. Pasalnya tim ini akan melakoni agenda penting lain, yaitu Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 yang akan berlangsung 6-12 September mendatang. 

Sebelumnya Timnas U-23 akan lebih dulu menjalani pemusatan latihan (TC) di Solo pada 4 September. Sebanyak 27 nama akan dipanggil untuk mengikuti TC. 

“Kualifikasi Asia (U-23), (TC dimulai) tanggal 4 (September), 27 pemain yang U-23 akan kita panggil dan kami akan panggil semua pemain yang ada,” ungkap Sumardji selaku Ketua Badan Tim Nasional (BTN).

“Momentum ini harus kami gunakan dengan baik karena ingin lolos di Kualifikasi Piala Asia yang nanti dilaksanakan tanggal 9 ya, dan 12 (September 2023) di Solo,” sambungnya.

Bukan cuma menangani Timnas U-23 untuk tampil di kualifikasi Piala Asia U-23 2024, Shin Tae-yong  juga mempersiapkan timnas senior yang akan menghadapi Turkmenistan dalam ada FIFA Matchday pada 8 September 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Dengan agenda yang berdekatan, Sumardji mengatakan, sang pelatih akan berusaha menerapkan efisiensi waktu. Salah satunya adalah dengan menetapkan jadwal pemanggilan pemain secara serentak, namun akan ada pemisahan standar kelompok usia. 

“Jadi yang (timnas) senior itu juga kita panggil berbarengan tanggal 4, yang senior di Surabaya, yang U-23 di Solo, yang senior kita panggil 24 pemain,” terang Sumardji.

"24 pemain (untuk melawan Turkmenistan) itu pemain-pemain memang usianya sudah 23 ke atas, artinya memang yang dipersiapkan untuk senior, bukan U-23,” lanjutnya.

Untuk agenda kualifikasi Piala Asia U-23, timnas U-23 tergabung dalam Grup K, di mana laga perdana akan digelar 9 September menghadapi Turkmenistan U-23. Tiga hari berselang laga kembali digelar di Stadion Manahan, Solo untuk melawan Taiwan U-23.