Demi Mimpi yang Lebih Besar, Lalu Muhammad Zohri Rela Lepas Kesempatan Raih Emas Kedua di SEA Games 2023
Sprinter asal Indonesia, Lalu Muhammad Zohri (putih/144), saat tampil di SEA Games 2023 Kamboja. (Foto via Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Sprinter Indonesia Lalu Muhammad Zohri dipastikan gagal mempersembahkan medali emas SEA Games 2023 Kamboja dari nomor 100 meter putra. Padahal, kesempatan itu sudah ada di depan mata.

Zohri sudah memastikan diri lolos ke final yang berlangsung di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Jumat, 12 Mei, 16.50 WIB. Namun, atlet kebanggaan Indonesia itu terpaksa mundur karena mengalami masalah pada kakinya.

Zohri menderita cedera itu saat sedang menjalani pemanasan jelang tampil di nomor 200 meter, Senin lalu. Atlet asal Nusa Tenggara Barat itu sempat tampil di nomor estafet 4x100 meter, Rabu, dan sukses mempersembahkan medali emas.

Namun, kondisinya tak memungkinkan untuk bersaing di nomor 100 meter. Cedera kakinya memburuk jelang lomba.

"Quadriceps atau otot paha depan ketarik. Tadi pas sedang lari di heat 100 meter dia kena lagi, ketarik lagi," kata Kepala Pelatih Sprint Putra Eni Nuraeni.

"Sebenarnya Zohri juga masuk final. Tapi karena kami takut cederanya lebih parah jadi mending tidak ikut saja nanti di final. Sebab beberapa bulan lagi akan ada Asian Games, takut nanti recovery-nya jadi lebih lama," tambahnya, seperti dinukil dari Antara.

Eni menjelaskan kondisi Lalu Zohri langsung ditangani dua dokter PB PASI yang ikut dalam kontingen.

"Sudah dikompres es batu dan tadi juga sudah ditusuk jarum. Sayang memang. Tapi ada yang lebih penting, Asian Games dan kualifikasi Olimpiade yang juga jadi tujuan dan target," ujar Eni.