Bagikan:

JAKARTA – Real Madrid dan Manchester City akan memainkan leg pertama semifinal Liga Champions 2022/2023. Ini adalah duel dua tim dengan lini serang terbaik di Eropa saat ini.

Pertemuan kedua tim akan berlangsung di markas milik Madrid di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, Rabu, 10 Mei 2023. Kickoff atau sepak mula duel bertajuk bigmatch ini dimulai pada pukul 02.00 WIB.

Tuan rumah yang merupakan juara bertahan mencetak empat gol tanpa balas ke gawang Chelsea dalam dua leg perempat final untuk mencapai babak empat besar. Sementara itu, City unggul agregat 4-1 atas Bayern Munchen untuk bertahan di kompetisi ini.

Pertemuan kedua tim ini merupakan duel ulang dari semifinal tahun lalu. Ketika itu, Los Blancos sukses melakukan comeback yang menakjubkan untuk mengalahkan City dan ke final untuk meraih gelar ke-14 dari ajang ini.

Musim ini City bakal hadir dengan penyerang andalan mereka Erling Haaland. Meski demikian, Madrid punya trio penyerang Karim Benzema, Vinicius Jr, dan Rodrygo yang tidak kalah mematikan di depan gawang.

Saat ini Haaland sedang dalam performa yang luar biasa. Pemain internasional Norwegia berusia 22 tahun tersebut telah mencetak 12 dari 26 gol City di Liga Champions musim ini.

Untuk itu, mantan pemain Borussia Dortmund itu membutuhkan lima gol lagi untuk menyamai rekor satu musim Cristiano Ronaldo yang mencetak 17 gol untuk Madrid pada musim kompetisi 2013/2014.

City yang belum terbendung dalam perburuan Premier League Inggris sedang berusaha untuk menjadi tim Inggris kedua yang memenangkan treble Liga Champions Eropa, Liga Primer, dan Piala FA setelah rival mereka Manchester United melakukannya pada tahun 1999.

Di sisi lain, Real Madrid yang masih berada di posisi ketiga di La Liga dan tertinggal 14 poin dari pemuncak klasemen Barcelona hadir di laga ini dengan besar hati usai berhasil menjuarai Copa del Rey untuk pertama kalinya sejak tahun 2014 pada akhir pekan kemarin.

Meski terpuruk di La Liga, Los Blancos tercatat selalu garang di Eropa dan memiliki catatan manis melawan tim asal Inggris. Musim ini mereka telah menyingkirkan Liverpool dan Chelsea dalam perjalanan ke babak empat besar.

Tim asuhan Carlo Ancelotti ini memasuki leg pertama dengan lima kemenangan beruntun di Liga Champions Eropa. Selain itu, mereka juga menjaga clean sheet dalam tiga pertandingan terakhir mereka.

Selain catatan di atas, Los Blancos juga berhasil mencetak gol dalam 16 pertandingan kontinental sejak kekalahan 0-1 dari Paris Saint-Germain pada Februari 2022.

Perkiraan Formasi

Real Madrid (4-2-1-3): Courtois; Carvajal, Rüdiger, Alaba, Camavinga; Modrić, Kroos; Valverde; Rodrygo, Benzema, Vinicius Junior

Pelatih: Carlo Ancelotti

Manchester City (4-3-3): Ederson; Walker, Stones, Rúben Dias, Akanji; De Bruyne, Rodri, Gündoğan; Bernardo Silva, Haaland, Grealish

Pelatih: Pep Guardiola