Hati-Hati Terkena Hukuman, Inilah Aturan Permainan Hoki yang Harus Ditaati Para Atlet
Ilustrasi permainan hoki, (Foto: KeithJJ/Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – hHoki adalah olahraga bola kecil yang memanfaatkan tongkat untuk menggiring, memukul, dan memasukkan bola ke dalam gawang. Sebagai olahraga yang diakui secara internasional, hoki mempunyai aturan permainan yang tidak boleh dilanggar. Nah, dalam artikel kali ini akan dibahas aturan permainan hoki yang wajib dipahami dan ditaati oleh para atlet. Baca terus sampai habis, ya!

Aturan Permainan Hoki

Dirangkum dari berbagai sumber, hoki termasuk salah satu jenis olahraga yang dimainkan oleh dua regu, dimana masing-masing regu terdiri dari 11 orang pemain. Permainan hoki memiliki beberapa peraturan umum yang harus dipahami para atlet, antara lain:

  • Dimainkan dengan tongkat hoki, yakni stik bengkok yang ujungnya digunakan untuk menggerakkan bola.
  • Sikap siap di awal permainan adalah posisi kedua kaki terbuka selebar bahu.
  • Ketika bermain, bolanya dipukul, ditahan, digiring, dioper, atau direbut dengan stik.
  • Ada 4 posisi di dalamnya: goal keeper, midlefield, defender, dan attacker.
  • Dilakukan dalam dua babak, yang masing-masing babak ada dua quarter. Setiap quarter, waktu normalnya 15 menit.
  • Mencetak gol tidak boleh dilakukan di sembaarang tepat, namun harus melalui wilayah circle.
  • Dilarang dengan sengaja mendorong dan menjatuhkan lawan menggunakan stik atau badan.
  • Setiap tim bisa memiliki pemain cadangan sebanyak 6 orang.
  • Seorang pemain dikatakan melakukan foul apabila dengan sengaja melakukan pukulan bola ke arah lawan dengan tujuan mencederai, sengaja menggunakan anggota tubuh untuk memegang bola, mengangkat stik hoki hingga ke atas pinggang, dan memukul lawan menggunakan stik.

Hukuman dalam Permainan Hoki

Permainan hoki mempunyai beberapa bentuk hukuman yang diberikan kepada setiap pemain, di antaranya:

  1. Free hit

Pelaksanaan free hit atau pukulan bebas dilaakukan di tempat terjadinya pelanggaran.

  1. Penalty Corner

Hukuman ini dilaksanakan di garis gawang regu bagian pinggir diatasnya dengan jarak dari tiang gawang terdekat sejauh 2,75 m. Pemberian penalty corner ini ditujukan untuk pemain yang menyentuh bola secara jelas di sekitaran gawang. Selain itu pemberian hukuman ini juga ditujukan untuk pemain yang berada di striking circle atau dalam D telah melakukan sesuatu hal.

  1. Penalty Stroke

Penalty stroke diberikan karena pemain bertahan melakukan kesalahan di striking circle. Hukuman ini dilaksanakan di depan gawang dengan jarak 7,31 m. Kemudian dari garis belakang 25 yard harus ada pemain pemain lainnya.

  1. Corner Hit

Corner hit akan diberikan oleh wasit jika ada pemain yang berada di belakang garis bawang sejauh 25 yard memainkan atau memukul bola secara tidak sengaja.

Corner hit dilakukan dari tiang gawang terdekat dengan jarak 9,14 m. Kemudian letak pemain penyerang dalam regu ini harus berada di belakang striking circle atau garis D ketika melaksanakan hukuman tersebut.

  1. Offside

Sama dengan sepak bola, dalam hoki juga mengenal istilaah offside. Ini adalah hukuman bagi pemain yang letaknya di daerah lapangan lawan, namun dapat melampaui dua pemain lawan yang bertugas di depannya.

  1. Hit In

Hit ini atau lemparan ke dalam aadalah hukuman yang diberikan ketika pemain lawan menyentuh atau memukul bola dari tempat bola tersebut keluar lapangan Pemain lain setidaknya memiliki jarak dari pemain yang memukul bola, minimal sejauh 4,55 m.

Demikian informasi tentang aturan permainan hoki yang wajib dipahami atlet. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.