Bagikan:

JAKARTA – PSM Makassar terus memperkuat status mereka sebagai penguasa klasemen sementara Liga 1 2022/2023. Itu setelah mengamankan tiga poin di pertandingan melawan Dewa United.

Tiga poin itu didapat oleh tuan rumah Juku Eja setelah menang 2-0 atas tim tamu di Stadion Gelora B. J. Habibie, Rabu, 1 Maret 2023. Dua gol kemenangan itu dijaring Wiljan Pluim dan gol bunuh diri Ichsan Kurniawan.

Tuan rumah mencetak gol cepat melalui Pluim ketika pertandingan baru berjalan tiga menit. Pemain internasional Belanda itu mencatat namanya di papan skor lewat tendangan bebas dari jarak 17 meter.

Gol tambahan bagi tuan rumah kemudian terjadi dua puluh menit setelahnya lewat gol bunuh diri Kurniawan. Skenario gol itu terjadi akibat kesalahan mengantisipasi sepak pojok yang dilakukan oleh Yance Sayuri.

Ini adalah kemenangan ke-17 yang diamankan PSM dari 27 pertandingan sejauh ini. Sementara itu, di sepuluh pertandingan lainnya mereka menelan dua kekalahan dan mengantongi delapan hasil seri.

Hasil melawan Dewa membuat PSM pun semakin kokoh di posisi puncak klasemen sementara dengan koleksi 59 poin. Mereka unggul sebanyak tujuh poin sebagai pesaing terdekat mereka yang berada di posisi kedua.

Meski demikian, Persib sejauh ini baru memainkan 26 pertandingan. Tim asuhan Luis Milla itu berpeluang memperkecil jarak poin pada Sabtu, 4 Maret nanti, ketika menghadapi Persija Jakarta di Stadion Patriot, Bekasi.

Namun, misi itu agak sulit karena Persija juga sedang memburu kemenangan demi memperbaiki posisi mereka. Macan Kemayoran saat ini mengekor di posisi ketiga dan cuma terpisah satu poin dari Persib.

PSM sendiri akan memainkan pertandingan berikutnya melawan Persis Solo pada Minggu, 5 Maret nanti. Persis pada saat ini masih di papan tengah klasemen dengan koleksi 33 poin dari 27 laga.