Bagikan:

YOGYAKARTA – Personal trainer adalah seorang profesional yang dapat membantu Anda untuk mendapatkan kebugaran. Ketika berolahraga di Fitness Center, Anda mungkin akan menerima program latihan yang dipersonalisasi. Latihan tersebut mempertimbangkan tujuan, cedera, dan minat Anda. Kehadiran personal trainer akan membuat Anda tetap termotivasi ketika menjalankan program latihan. Lantas, seperti apa tips memilih personal trainer ketika berada di pusat kebugaran?

Tips Memilih Personal Trainer yang Benar di Pusat Kebugaran

Dihimpun VOI dari berbagai sumber, Minggu, 23 Desember 2022, berikut tips memilih personal trainer yang benar agar aktivitas di pusat kebugaran jadi lebih efektif dan interaktif:

  1. Pilih Personal Trainer Bersertifikat

Ketika ingin menggunakan jasa personal trainer, pilihlah pelatih yang sudah bersertifikat.

Seorang personal trainer yang sudah profesional, biasanya mempunyai sertifikat yang dapat sewaktu-waktu ia tunjukkan bagi mereka yang hendak menggunakan jasanya.

Dikutip dari WebMD, personal trainer yang tersertifikasi menunjukkan bahwa ia memiliki pendidikan yang baik.

  1. Expert dalam Program yang Hendak Anda Jalani

Setiap orang memiliki tujuan yang berbeda-beda ketika berolahraga di Fitness Centre. Ada yang ingin membentuk masa otot, ada juga yang menjalani program fitness dengan tujuan menurunkan berat badan.

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, pilihlah seorang personal trainer yang memang ahli dalam bidang ini.

Pun demikian jika Anda hendak menjalani program pembentukan massa otot. Pilihlah personal trainer yang profesional di bidang ini. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Menelaah Program yang Sudah Pernah Dibuat
Ilustrasi
Ilustrasi (tsquaredlab/Pixabay)

Program yang diberikan oleh personal trainer kepada orang yang menggunakan jasanya berbeda-beda. Pasalya, kondisi fisik maupun kebutuhan setiap individu tidak sama.

Meskipun program yang dicanangkan berhasil diterapkan pada orang lain, belum tentu Anda dapat menjalani program yang sama.

Seorang personal trainer yang baik adalah yang dapat membuat program sesuai dengan kebutuhan individu yang menggunakan jasanya.

Oleh sebab itu, pastikan personal trainer mempunyai banyak program. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui pelatih tersebut benar-benar profesional.

  1. Memilki Reputasi yang Baik

Reputasi seorang personal trainer juga penting untuk diketahui. Hal ini dapat menjadi bahan pertimbangan sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan jasanya.

Apabil personal trainer selalu berhasil dalam setiap program yang ia buat, maka reputasinya pun akan semakin meningkat.

Dengan demikian, harapan untuk Anda berhasil dalam menjalani program juga akan semakin besar jika mendapat pelatihan darinya.

  1. Cari Tahu Biaya Pelatih

Dikutip dari laman Acefitness, besaran biaya yang Anda keluarkan untuk membayar personal trainer bergantung pada durasi program latihan, kredensial, pengalaman, serta keahliannya sebagai pelatih kebugaran.

Seorang pelatih pribadi yang bekerja di klub kebugaran mungkin akan mengenakan biaya per jam lebih rendah ketimbang pelatih yang bekerja secara mandiri dan harus datang ke rumah atau kantor Anda.

  1. Ramah dan Bisa Menyesuaikan Diri dengan Kepribadian Anda

Apabila Anda merasa mudah bosan dan sulit untuk diatur, Sebaiknya pilihlah personal trainer yang dapat bersikap tegas dan dapat menuntun Anda supaya lebih disiplin dalam menjalankan program latihan.

Demikian informasi seputar tips memilih personal trainer saat berolahraga di Fitness Centre. Semoga bermanfaat!