Sejarah Sepak Bola Modern dan Lengkap dengan Aturan Terbitan Klub Sepak Bola Tertua di Inggris
Ilustrasi bola sepak (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Dalam sejarah sepak bola modern, Inggris tak bisa dilupakan begitu saja. Negara tersebut memiliki andil dalam perkembangan olahraga yang kini sangat populer di dunia. Lalu, bagaimana awal mulanya?

Sejarah Sepak Bola Modern

Cikal bakal sepak bola sebenarnya berasal dari China sekitar abad ke-3 dan ke-2 Sebelum Masehi (SM). Saat itu ada sebuah permainan yang dinamakan dengan Tsu Chu. Tsu artinya menerjang bola dengan kaki, sedangkan Chu berarti bola kulit berisi.

Para pemain dalam Tsu Chu menggunakan bola yang terbuat dari kulit, sedangkan jaringnya dibuat dari kulit bambu.

Permainan sepak bola juga mulai dikenal oleh masyarakat Inggris, baik di perkotaan maupun di pedesaan. Saat itu permainan itu dikenal dengan nama folk football. Meski telah dikenal di Inggris, kala itu belum ada aturan yang disepakati sehingga folk football masih dimainkan secara bebas.

Pada tahun 1843 terbit ‘Cambridge Rules’ untuk folk football. Aturan ini dibuat oleh Universitas Cambridge. Aturan yang dibuat masih sangat sederhana, namun mulai diterapkan oleh beberapa kelompok di Inggris.

Permainan sepak bola di Inggris semakin berkembang hingga pada tahun 1863. Saat itu penyusunan dilakukan oleh English Football Association. Penyusunan dilakukan pada 8 Desember 1863 di gedung di Fremasons Tavern, Inggris. Momen ini kemudian dianggap sebagai kelahiran sepak bola modern.

Aturan yang dirancang dalam permainan memang tidak sedetil sekarang. Awalnya, aturan yang diterapkan seperti kesepakatan untuk tidak menggunakan anggota badan tangan untuk menghentikan bola, baik dalam penggiringan maupun pencetakan gol.

Tujuan aturan tersebut adalah sebagai pembeda paling dasar antara sepak bola dan cabang olahraga populer lainnya di Inggris, Rugbi.

Peraturan terus mengalami perbaikan. Bahkan pada tahun 1867, aturan kembali dilakukan direvisi dan mulai diterapkan oleh klub sepak bola di Inggris. Aturan kemudian diterbitkan secara resmi oleh Football Association Freemason, London, Inggris.

Dukungan terkait adanya aturan tersebut juga diberikan oleh ssosiasi sepak bola dari Wales, Skotlandia dan Irlandia. Mereka menyetujui aturan yang dibuat oleh FA. Dari sini kemudian dibentuklah asosiasi sepak bola yang memiliki cakupan lebih luas yakni International Football Association Board (IFAB).

Aturan Sepak Bola Klub Tertua

Jauh sebelum FA berdiri, klub sepakbola tertua bernama Sheffield FC berhasil dibentuk pada 24 Oktober 1957. Tidak hanya menjadi klub bola tertua, Sheffield FC juga menerbitkan sebuah buku yang berisi aturan sepak bola tertua. Di dalam buku tersebut ada sejumlah aturan sepak bola yakni sebagai berikut, dikutip dari beberapa sumber.

  1. Durasi pertandingan selama 2 jam.
  2. Jumlah pemain setiap tim sebanyak 20 orang.
  3. Boleh menyentuh bola menggunakan tangan selama bola masih belum menyentuh tanah.
  4. Body charge atau kontak fisik dengan lawan tidak dianggap pelanggaran.
  5. Salah satu tim diharuskan mengenakan topi berwarna merah, sedangkan lawan mengenakan topi berwarna biru. Hal itu dilakukan untuk membedakan dua tim.

Itulah informasi terkait sejarah sepak bola modern. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.