33 Hari Menuju Piala Dunia 2022 Qatar: Ini 5 Pencetak Gol Terbanyak Brasil Sepanjang Masa
Pemain timnas Brasil, Neymar. (Foto: Instagram/@neymarjr)

Bagikan:

JAKARTA - Tim nasional Brasil akan menuju ke Qatar pada November 2022 untuk bermain di Piala Dunia ke-22 mereka. Negara itu sudah memenangi Piala Dunia sebanyak lima kali.

Trofi terakhir dari ajang paling bergengsi itu mereka raih pada Piala Dunia 2002 di Korea Jepang. Setelah 20 tahun berlalu, raksasa Amerika Selatan itu tentu berharap bisa menambah koleksi trofi keenam dalam sejarah mereka.

Tahun ini, Brasil kembali masuk dalam favorit juara karena punya skuad bertabur bintang. Selain itu, tim ini identik dengan gaya sepak bola samba yang menawan yang telah membawa mereka meraih kesuksesan besar di dunia internasional.

Berikut ini adalah lima pencetak gol terbanyak dalam sejarah negara itu:

Zico (48 gol)

Zico membuat 71 penampilan untuk Brasil, tetapi gagal memenangkan Piala Dunia bersama negaranya. Dia nyaris saja membawa Brasil juara pada tahun 1978 ketika Brasil finis ketiga.

Sosok ini adalah seorang gelandang serang dan pemain nomor sepuluh yang klasik. Dia sangat pandai menciptakan peluang dan mencetak gol serta brilian dalam menggiring bola.

Zico menghabiskan 16 tahun karirnya bermain untuk Flamengo di negaranya. Selain itu, ia juga sempat bermain untuk Udinese di Serie A antara tahun 1983 dan 1985.

Dia pensiun di klub J-League Kashima Antlers dan saat ini menjabat sebagai direktur olahraga mereka. Dia telah mengelola beberapa tim pasca pensiun termasuk FC Goa di Liga Super India.

Romario (55 gol)

Romário membuat 71 penampilan untuk Brasil dan memenangkan Piala Dunia pada tahun 1994. Ia juga punya dua trofi Copa America yang dimenangkannya bersama tim Samba di tahun 1989 dan 1997.

Perjalanan karir Romario di Vasco da Gama dan menikmati kesuksesan besar di PSV Eindhoven dan Barcelona antara tahun 1988 dan 1995. Ketika berseragam PSV Eindhoven, dia membuat 148 penampilan dan mencetak 128 gol.

Romário adalah salah satu finisher paling naluriah yang pernah ada. Ia sangat mematikan di dalam kotak penalti.

Johan Cruyff bahkan pernah mengatakan, Romario adalah pemain terbaik yang pernah dilatihnya.

Ronaldo de Lima (62 gol)

Ronaldo Luis Nazario de Lima atau yang akrab dikenal sebagai Ronaldo, membuat 99 penampilan untuk skuad Samba dan sukses memenangkan Piala Dunia pada tahun 1994 dan 2002.

Dia juga dua kali membawa Brasil juara di Copa America.

Pemain berjuluk Il Fenomeno itu memulai karirnya di Cruzeiro sebelum pindah ke PSV Eindhoven pada tahun 1994.

Performa hebat yang dimilikinya membuat ia pindah ke Barcelona dan Inter Milan sebelum bergabung dengan Real Madrid. Ronaldo menghabiskan lima tahun di Madrid, membuat 177 penampilan dan mencetak 103 gol.

Neymar (75 gol)

Neymar telah membuat 121 penampilan untuk Brasil dan punya kans untuk menjadi pencetak gol terbanyak negara itu pada akhir karirnya. Mantan pemain Barcelona ini belum memenangkan turnamen besar bersama negaranya, tetapi tahun ini ia memiliki peluang bagus untuk melakukannya.

Neymar memulai karirnya di Santos sebelum Barcelona mengontraknya pada 2013. Di kemudian pindah ke Paris Saint-Germain pada 2017. Ia sudah memenangkan banyak trofi bersama klub sehingga meraih Piala Dunia akan melengkapi perjalanan karirnya gemilang.

Pele (77 gol)

Pelé membuat 92 penampilan untuk Brasil selama karirnya dan memenangkan tiga Piala Dunia antara tahun 1958 dan 1970. Dia menghabiskan hampir seluruh karirnya di klub Brasil Santos dan dianggap sebagai salah satu pemain terbesar yang pernah ada.

Rekor mencetak golnya selama karirnya di sepak bola sampai saat ini masih diperdebatkan. Namun, yang pasti dia telah mencetak lebih dari 600 gol untuk Santos dan menjadi salah satu pemain paling populer yang melejitkan nama Brasil di kancah global.