PSM Anggap Tragedi Stadion Kanjuruhan Malang Rugikan Industri Sepakbola Indonesia
Direktur Utama PSM Makassar Sadikin Aksa/ Antara

Bagikan:

JAKARTA - Direktur Utama PSM Makassar Sadikin Aksa, menilai tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan Malang, Sabtu, 1 Oktober usai laga Arema FC lawan Persebaya Surabaya, akan memberikan dampak besar terhadap industri sepakbola Indonesia.

"Sangat disayangkan kejadian kemarin itu, karena itu dampaknya besar. Bukan hanya kepada PSM tapi berdampak besar terhadap industri sepakbola Indonesia," kata Sadikin mengutip Antara, Minggu, 2 Oktober.

Ia menjelaskan, industri sepakbola di Indonesia saat ini tengah berkembang pasca pandemi COVID-19. Kualitas kompetisi juga semakin baik yang tentunya akan menghasilkan juga Liga 1 yang semakin baik pula untuk bersaing di kompetisi Asia.

Dirinya tetap mencoba berfikir positif dan berharap kejadian sekaligus menjadi catatan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru agar ke depannya memperbaiki segi keamanan. Sebab kejadian di Kanjuruhan itu bukan kerusuhan antar suporter dengan tim lawan.

Sadikin Aksa tetap berharap ada hikmah dibalik tragedi ini. Apalagi beberapa negara yang justru sepakbolanya maju setelah ada tragedi kerusuhan suporter yang menelan korban jiwa.

"Mudah-mudahan ini menjadi momentum untuk memperbaiki sepakbola kita ke depannya," pungkas Sadikin.

Sadikin mengaku belum bisa menanggapi terlalu jauh sebelum dapat berita dari PT Liga Indonesia Baru dan PSSI.