Daftar Rekor Top Speed MotoGP yang Berhasil Pecah Hingga Saat Ini
Ilustrasi motoGP (ali mahmoodi on Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Ajang balap motor MotoGP makin berkembang. Hal itu terbukti dari banyaknya pebalap muda yang terus bermunculan. Beberapa di antara mereka bahkan mampu memecahkan rekor top speed MotoGP di berbagai kompetisi.

Daftar Top Speed MotoGP

Tercatat ada beberapa pembalap yang sukses mencetak top speed sepanjang sejarah kompetisi balap motor. Hingga tahun 2022, beberapa pembalap senior hingga junior sukses mencetak rekor kecepatan tinggi.  

  1. Jorge Martin

Pembalap motor asal Spanyol ini lahir pada 29 Januari 1998. Ia pernah keluar sebagai juara dalam kompetisi Red Bull MotoGP Rookies Cup pada tahun 2014. Di usianya yang relatif masih muda ia jadi salah satu pembalap yang berhasil memecahkan rekor top speed.

Dikutip dari situs motogp.com, Jorge Martin berhasil mencapai kecepatan 363.6 km per jam saat ia memacu kendaraanya di sirkuit Mugello di Scarperia e San Piero, Toskana, Italia.

Sebelumnya ia juga pernah mencapai top speed dengan kecepatan 358.8 km per jam di Qatar 2021.

  1. Johan Zarco

 

 

 

 

 

Lihat postingan ini di Instagram

Johan Zarco adalah pembalap asal Prancis yang sukses meraih dua gelar juara dunia Moto2 yakni pada 2015 dan 2016. Terakhir ia gagal mencapai finis di ajang MotoGP San Marino 2022. Meski demikian ia berhasil mencapai rekor top speed saat memacu tunggangannya di Sirkuit Lusail pada 2021. Di sesi latihan bebas 4 (FP4), Zarco berhasil meraih kecepatan 362.4 km per jam.

  1. Brad Binder

 

 

 

 

 

Lihat postingan ini di Instagram

Lahir pada 11 Agustus 1995. Ia adalah pembalap sepeda motor Grand Prix Afrika Selatan. Ia masuk sebagai pebalap pabrik KTM di kelas MotoGP untuk musim 2020 menggantikan Johann Zarco yang hengkang. Menurut situs resmi MotoGP, ia berhasil mencatatkan rekor top speed dengan kecepatan 362.4 km per jam di MotoGP Mugello 2021. Kecepatannya hanya selisih tipis dengan Johan Zarco

  1. Enea Bastianini

 

 

 

 

 

Lihat postingan ini di Instagram

Enea Bastianini lahir pada 30 Desember 1997. Memulai debut pertamanya di Kejuaraan Dunia Moto3 pada tahun 2014 dengan mengendarai Team GO&FUN Moto3. Di tahun 2020 ia berhasil memenangkan Moto2. Bastianini juga sukses meraih top speednya di Mugello 2021 dengan kecepatan 358.8 km per jam saat sesi kualifikasi.

  1. Jack Miller

 

 

 

 

 

Lihat postingan ini di Instagram

Merupakan pembalap asal Australia yang lahir pada 18 Januari 1995. Ia bergabung ke Pramac Racing pada 2018 dan kini mengendarai Ducati. Pada tahun 2021, Jack Miller sukses mencapai top speed di sikruit Mugello dengan kecepatan 358.8 km per jam saat sesi kualifikasi.

  1. Darryn Binder

 

 

 

 

 

Lihat postingan ini di Instagram

Adalah pembalap motor profesional Afrika Selatan kelahiran 21 Januari 1998. Menurut kabar yang beredar ia berencana meninggalkan MotoGP pada 2023. Meski begitu ia sempat mencetak top speed dengan kecepatan 358.8 km per jam saat balapan di sirkuit Mugello, Itali pada tahun 2022.

Itulah beberapa rekor kecepatan tertinggi  yang terjadi sepanjang sejarah balap sepeda motor di dunia. Besar kemungkinan akan rekor baru akan pecah di kompetisi balap motor di tahun-tahun selanjutnya.

Selain informasi terkait top speed motogp, dapatkan informasi menarik lainnya dengan mengunjungi VOI.ID.