5 Pemain Kaki Kiri Terbaik di Dunia saat Ini
Erling Haaland (Instagram @erling.haaland)

Bagikan:

JAKARTA — Pemain kaki kiri merupakan minoritas dalam dunia sepak bola. Terlepas dari itu, beberapa pesepak bola terhebat sepanjang masa adalah pemain kaki kiri.

Pemain kaki kiri merupakan pemain dengan keunggulan yang unik. Mereka bisa menjadi pemain yang paling sulit untuk dihadapi oleh bek-bek lawan.

Lazimnya, pemain kali kiri bisa menambahkan lebih banyak dinamisme ke tim sekaligus menjadi lawan yang sangat kompleks.

Pemain seperti Diego Maradona dan Lionel Messi, yang secara luas dianggap sebagai terbaik sepanjang sejarah, adalah pemain berkaki kiri.

Meski minoritas, sejarah mencatat ada beberapa pemain kaki kiri kelas dunia yang bisa memukau penonton dengan aksi-aksi mereka.

Berikut ini 5 pemain kaki kiri terbaik yang ada saat ini:

1). Erling Haaland

Haaland membuktikan dirinya sebagai salah satu striker terbaik di dunia selama dua setengah tahun bertugas di Borussia Dortmund.

Dia kemudian meninggalkan klub Bundesliga Jerman itu pada musim panas lalu menuju Manchester City dengan mahar 60 juta Euro. Di awal musim pertamanya di Inggris, dia langsung tampil gemilang.

Dalam 10 penampilan di semua kompetisi untuk Manchester City sejauh musim ini, pemain berusia 22 tahun itu telah mencetak 14 gol dan memberikan satu assist. Performa ini menjadikan dia pemain kaki kiri terbaik di dunia saat ini.

2). Lionel Messi

Setelah meninggalkan klub masa kecilnya Barcelona pada musim panas 2021, La Pulga menghadapi musim perdana yang membosankan di klub barunya Paris Saint-Germain.

Meski demikian, musim ini Messi kembali berada dalam performa terbaiknya. Dia berkontribusi mencetak enam gol dan memberikan delapan assist dalam 11 penampilan di semua kompetisi untuk PSG.

3). Bernardo Silva

Pemain internasional Portugal itu tampil bagus selama beberapa tahun bersama Manchester City. Dia adalah salah satu pemberi umpan yang rapi dan sering masuk kotak penalti untuk mencetak gol.

Pemain berusia 28 tahun itu banyak dikaitkan dengan kepindahan ke Barcelona musim panas ini. Namun, dia akhirnya bertahan di City dan memulai musim baru dengan baik, mencetak dua gol dan memberikan tiga assist dalam 10 penampilan di semua kompetisi.

4). David Alaba

Alaba bergabung dengan Real Madrid di musim panas 2021 lalu setelah menghabiskan sebelas musim bersama Bayern Munchen. Ia menikmati musim debut yang luar biasa di ibukota Spanyol, memenangkan gelar La Liga dan Liga Champions Eropa.

Ia kini terus menjadi salah satu bek pilihan juru taktik Carlo Ancelotti. Pemain internasional Austria itu adalah pesepakbola serba bisa yang bisa bermain di banyak posisi seperti bek tengah, bek kiri, sayap kiri, dan lini tengah juga.

5). Mohamed Salah

Salah adalah salah satu pemain paling dalam performa terbaik di dunia pada paruh pertama musim 2021/2022. Namun, performa pemain berusia 30 tahun itu mulai meredup sejak pergantian tahun.

Meski demikian, dia masih merupakan salah satu pemain kaki kiri terbaik yang pernah ada. Di sembilan penampilan di semua kompetisi sejauh musim ini, ia berkontribusi mencetak empat gol dan memberikan tiga assist.