Indonesia Juara Umum ASEAN Para Games 2022, Menpora Janji Bangun Pusat Latihan di Karanganyar: Sesuai Arahan Presiden Jokowi
Menpora Zainudin Amali. (Dok. Situs Kemenpora)

Bagikan:

JAKARTA - Pencapaian luar biasa diraih kontingen Indonesia di ajang ASEAN para Games 2022. Skuad Merah Putih berhasil keluar sebagai juara umum dan melampaui target yang dicanangkan.

Indonesia berhasil keluar sebagai juara umum setelah berhasil meraih 175 medali emas, 144 perak, dan 106 perunggu.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengaku tak terkejut dengan kesuksesan Indonesia merebut status juara umum. Namun, dia dibuat kaget dengan pencapaian medali emas kontingen Indonesia yang melebihi target.

"Tidak begitu terkejut kalau Indonesia bisa juara umum. Ya yang terkejut itu capaian medali emasnya melebihi target hingga mencapai 175 emas," kata Menpora seperti dilansir dari laman resmi Kemenpora.

Menurut Menpora, prestasi luar biasa ini dipicu perlakuan yang sama dari pemerintah untuk para atlet difabel dengan atlet nondifabel. Baik itu dari segi fasilitas, pelatnas, hingga apresiasi dan bonus.

Pria asal Gorontalo itu kemudian mengungkapkan, pemerintah akan membangun training centre atau pusat latihan untuk atlet difabel di Karanganyar. Hal ini sesuai dengan Presiden Joko Widodo.

"Akan ada training centre, dibuatkan, sesuai arahan bapak Presiden Joko Widodo. Nanti ada di Karanganyar," ujarnya.

"Di kawasan itu banyak fasilitas pendukung lainnya. Semoga dengan hal ini prestasi Indonesia bisa meningkat," lanjut Menpora Zainudin Amali.