Rencana Kebugaran Real Madrid 'Dirusak' Piala Dunia Qatar, tapi Pintus Punya Strategi Khusus
Pelatih kebugaran Antonio Pintus (Instagram @realmadrid)

Bagikan:

JAKARTA - Piala Dunia di Qatar telah mengguncang rencana Real Madrid dan sebagian klub besar yang memiliki banyak pemain internasional.

Dalam kasus Real Madrid, antara 10 sampai 15 pemain akan pergi ke Doha untuk bermain di Piala Dunia pada bulan November sampai Desember.

Menghadapi situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya ini, pelatih kebugaran Real Madrid Antonio Pintus telah menyusun rencana unik untuk semua pemain Piala Dunia dan satu lagi untuk mereka yang akan tinggal di Valdebebas selama waktu ini.

Peran Pintus dalam kesuksesan Real Madrid musim lalu sangat menentukan, seperti yang ditunjukkan kekuatan fisik tim ini pada akhir musim, saat mereka memenangkan La Liga dan Liga Champions.

Musim ini, Pintus membagi musim menjadi tiga fase pengerjaan. Fase pertama adalah dari Senin kemarin hingga 10 Agustus, ketika Los Blanos memiliki jadwal final Piala Super UEFA.

Hingga minggu ini, dia telah melakukan latihan pengondisian dan beban kerja untuk mengetahui kondisi fisik setiap pemain dan dia akan melanjutkan dengan rencana individu yang ideal untuk masing-masing, berdasarkan informasi ini.

"Ini adalah tes yang dirancang untuk mengetahui ambang batas aerobik dan anaerobik para pemain dan kekuatan mereka saat ini," kata Pintus kepada media resmi Real Madrid, dikutip Marca, Selasa.

“Masker berfungsi untuk menganalisis oksigen dan karbohidrat. Kami perlu mengetahui persentase satu dan lainnya untuk menentukan kondisi pemain saat ini.

"Hasilnya membantu untuk mempersonalisasi atau setidaknya memberi arahan pada pekerjaan yang dilakukan tim.

"Latihan pra-musim didasarkan pada landasan aerobik lari panjang yang kemudian digunakan bersama-sama dengan arah dan tujuan lari yang lebih pendek dan lebih cepat.

"Saya bisa mengetahui dari tes ini apakah para pemain masih membutuhkan latihan lari dengan intensitas rendah yang lama atau apakah saya bisa mulai berlatih dengan lebih intens dan lebih cepat."

Lalu, ada pertandingan tur Amerika Serikat, yang akan membantu para pemain masuk ke dalam ritme persaingan. Dari 1 hingga 9 Agustus, akan ada persiapan khusus untuk Piala Super UEFA melawan Eintracht Frankfurt, dan dimulainya La Liga dan Liga Champions.

Fase kedua dan ketiga dari rencana Pintus

Fase kedua datang dengan Piala Dunia. Dari 21 November hingga 4 Desember, pramusim efektif bagi para pemain yang tinggal di Madrid.

Dari 4 Desember hingga akhir tahun, akan ada istirahat bagi pemain internasional yang kembali.

Pada fase ketiga, mulai Januari 2023 dan seterusnya, akan ada pengondisian khusus bagi para pemain yang paling lelah sekembalinya dari Piala Dunia.

“Istirahat dalam latihan pada November karena Piala Dunia akan baik bagi saya, karena kami dapat melakukan pramusim lagi dan bekerja sedikit lebih banyak untuk para pemain yang tinggal,” tambah Pintus.

“Ini akan berbeda untuk para pemain yang akan pergi ke Piala Dunia. Mereka harus beristirahat 100 persen ketika mereka kembali dan kemudian bekerja secara bertahap.

"Ini akan sangat berbeda untuk kedua kelompok."