Kompetisi Ditunda Hingga Tahun Depan, Pemain Pilih Kursus Kepelatihan
Gelandang PSS Sleman, I Gede Sukadana. (Dok. Liga Indonesia)

Bagikan:

JAKARTA - Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 dipastikan libur panjang. Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memutuskan untuk menunda kompetisi sepak bola nasional hingga tahun depan.

Keputusan PSSI ini dimanfaatkan sejumlah pemain dengan berbagai kegiatan. Satu di antaranya adalah mengikuti kursus kepelatihan.

Sejumlah nama tenar diketahui mengikuti kursus kepelatihan dengan level yang beragam. Gelandang PSS Sleman, I Gede Sukadana, misalnya. 

Mantan pemain Arema FC dan Bali United itu mengambil kursus kepelatihan lisensi C AFC di Bali. Gede Sukadana akan mengikuti kursus bersama 22 pemain lain yang diberi kesempatan untuk menimba ilmu kepelatihan. 

"Mudah-mudahan lancar. Lumayan sambil mengisi waktu libur bisa konsentrasi pelatihan," ujar Gede Sukadana.

Dia menambahkan, tak melakukan persiapan untuk menghadapi kursus ini. Gede Sukadana juga sebenarnya masih ingin fokus berkarier sebagai pemain.

Selain Gede Sukadana, pemain Sriwijaya FC, Beto Goncalves, juga mengikuti kursus kepelatihan lisensi C, tetapi di Jakarta. Pemain naturalisasi asal Brasil itu mengaku mengikuti kursus untuk mempersiapkan masa depan.

"Kita harus pikir ke depan. Kita belum tahu masa depan seperti apa," ujar pemain yang berstatus pinjaman dari Madura United tersebut.