Kronologi Atlet Renang Diselamatkan Pelatih saat Hilang Kesadaran dan Nyaris Tenggelam
Perenang asal Amerika Serikat Anita Alvarez dan Ruby Remati (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA — Perenang Amerika Serikat Anita Alvarez nyaris saja tenggelam akibat kehilangan kesadaran ketika mengikuti Kejuaraan Dunia Akuatik FINA 2022 di Budapest, Hungaria.

Beruntung pelatihnya Andrea Fuentes sigap melompat dan menolong sang atlet. Kejadian ini terjadi pada Rabu, 22 Juni kemarin, saat peraih medali Olimpiade empat kali itu bersaing di final gaya bebas tunggal putri.

Alvarez pingsan di ujung lomba dan langsung jatuh ke dalam kolam. Ia sadar beberapa saat setelah kerja efisien dari tenaga medis.

”Itu adalah ketakutan besar. Saya harus melompat karena penjaga tidak melakukannya. Saya takut karena saya melihat dia tidak bernafas, tetapi sekarang dia baik-baik saja,” ujar Fuentes dilansir Give Me Sport.

Ini bukan pertama kalinya Alvarez hilang kesadaran saat berada di kolam. Ia sebelumnya pernah pingsan dalam kontes kualifikasi Olimpiade di Barcelona pada 13 Juni tahun lalu. Ketika itu Fuentes juga menjadi penyelamatnya.

Fuentes mengatakan bahwa saat ini Alvarez sudah dalam kondisi yang baik. Dokter telah memeriksa semua alat vital seperti detak jantung, pernafasan, kadar gula, serta tekanan darah, dan semuanya normal.

”Kita terkadang lupa bahwa ini terjadi di olahraga high-endurance lainnya. Marathon, bersepeda, lintas alam… kita semua pernah melihat gambar di mana beberapa atlet tidak mencapai garis finis dan yang lain membantu mereka mencapainya,” kata Fuentes.

Tim dokter selanjutnya masih akan mengecek kondisi Alvarez untuk memutuskan partisipasinya dalam acara tim pada hari Jumat besok.

Terlepas dari insiden itu, Alvarez mencetak 87,6333 poin untuk finis ketujuh di final. Sementara itu, nomor gaya bebas dimenangkan oleh Yukiko Inui dari Jepang, yang mencetak 95,3667 poin.