Dapat Restu Jokowi, Menpora Gerak Cepat Persiapkan Indonesia Jadi Tuan Rumah ASEAN Paragames 2022
Menpora Zainudin Amali. (Foto: Humas Kemenpora)

Bagikan:

JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali segera mempersiapkan Indonesia jadi tuan rumah ASEAN Paragames 2022. Ia sudah mendapat restu dari Presiden Joko Widodo.

Indonesia dipilih menjadi tuan rumah ajang multicabang disabilitas itu pada Februari lalu menggantikan Vietnam yang memilih mundur. Acara ini nanti akan berlangsung di Solo pada Juli mendatang.

"Saya lapor kepada Pak Presiden Joko Widodo, Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah ASEAN Paragames 2022 dan beliau sampaikan, ambil, maka saya berani ambil walaupun tinggal beberapa bulan saja," ujar Menpora Amali dalam keterangan resmi.

Waktu yang diberikan oleh panitia untuk Indonesia pun terbilang singkat karena pelaksanaan ajang ini tinggal lima bulan. Dengan demikian, pemerintah harus mengebut persiapan dalam waktu yang sudah mepet.

Menpora mengatakan bahwa selain mempersiapkan sarana dan prasarana, pemerintah juga harus bergegas untuk menyiapkan atlet. Untuk itu ia segera mengadakan rapat dengan Ketua Umum Komite Paralimpiade Indonesia dan Wali Kota Solo.

"Ini memang pekerjaan yang luar biasa berat karena itu (ASEAN Paragames 2022 digelar) bulan Juli ini," katanya.

Ini merupakan kesempatan kedua Indonesia untuk menggelar ajang multievent untuk atlet-atlet difabel di kawasan Asia Tenggara itu. Sebelumnya Indonesia pernah menggelar ajang yang sama pada tahun 2011 lalu di tempat yang sama.

ASEAN Paragames ke-11 tahun ini digelar pada 20-31 Juli 2022. Solo resmi ditetapkan sebagai tuan rumah ASEAN Paragames 2022 sebagaimana tertuang dalam surat keputusan yang dikeluarkan ASEAN Para Sports Federation (APSF) pada 14 Januari lalu.