KONI Minta Kemenpora Segera Keluarkan Keputusan untuk Pelatnas SEA Games
Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman (HUMAS KONI)

Bagikan:

JAKARTA – Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman meminta Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) untuk SEA Games Hanoi 2021 dipercepat. Permintaan itu mengingat sudah dekatnya ajang dua tahunan tersebut.

Acara multi cabang olahraga se-Asia Tenggara itu dijadwalkan berlangsung 12-23 Mei mendatang di Vietnam. Namun, sampai saat Pelatnas cabang-cabang olahraga belum dilakukan secara serempak.

Untuk itu, Marciano berharap agar Kemenpora segera mengeluarkan keputusan terkait Pelatnas agar cabang-cabang bisa punya waktu untuk mempersiapkan diri.

”Tentunya harus segera dilakukan karena pimpinan cabang olahraga saat ini ada yang sudah memulai Pelatnas, tetapi ada juga yang masih menunggu,” kata Marciano dalam keterangan di laman resmi KONI.

Selain itu, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) juga diminta untuk segera menentukan cabang-cabang olahraga yang akan dikirim ke Hanoi berdasarkan usulan dari Komite Olahraga Nasional Indonesia maupun Komite Olimpiade Indonesia.

”Bagi pimpinan olahraga yang sudah mempersiapkan atlet-atletnya seperti angkat besi, bulu tangkis, taekwondo, dan lain sebagainya yang Pelatnas sudah berjalan, saya tentunya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya,” ucap Marciano.

Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Chandra Bhakti pada 20 Januari lalu mengatakan bahwa saat ini pihaknya masih meninjau kembali proposal dari masing-masing cabang olahraga.

Proses tersebut memprioritaskan cabang-cabang yang sangat potensial meraih medali emas dan cabang-cabang yang akan dipertandingkan di Olimpiade. Hal itu dilakukan agar sesuai dengan target utama yang tertuang dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

”Kami akan meninjau kembali (proposal) sebagai tahap awal dari proses Pelatnas. Proses meninjau kembali dilakukan oleh tim independen, pakar olahraga dan wakil dari KOI dan KONI,” kata Chandra.

SEA Games seharusnya digelar pada tahun 2021 lalu, tetapi ditunda karena pandemi COVID-19. Selain acara ini, Indonesia juga akan berpartisipasi di Asian Games Hangzhou 2022 pada 10-25 September mendatang.