Dirilis dalam Bentuk Fisik, EP <i>Zirah</i> Tampilkan Trek Bonus <i>Solusi Tipuan</i>
Zirah (Dok. Zirah)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah merilis EP (album mini) self-titled perdana secara digital pada Januari silam, Zirah kini merilisnya dalam bentuk CD. Tak sampai di situ, EP ini kini dilengkapi trek bonus berjudul Solusi Tipuan yang direkam secara live saat mereka tampil di Studio Palem tahun lalu. 

Solusi Tipuan ditulis oleh Raissa Faranda (gitar) untuk menyuarakan kritiknya mengenai penggunaan plastik sekali pakai, terutama botol air mineral Menariknya, penyampaian lagu ini menobatkan plastik sebagai protagonis. 

“Bayangin aja, dia nggak tau dan tidak memilih untuk menyakiti bumi tapi dia nggak bisa ngapa-ngapain. Kayak kalau botol plastik itu bisa ngomong, mungkin dia akan bilang semua kalimat di lagu Solusi Tipuan ini. Jadi inti pesannya dari lagu ini sebenarnya tanggung jawab akan penggunaan plastik aja. Nggak usah menolak plastik, tapi bijak berplastik,” jelas Rai.

Selain menampilkan Solusi Tipuan sebagai nomor tambahan dalam rilisan fisik ini, daftar lagu pada CD juga dibuat lain dengan rilisan digital untuk memberikan pengalaman mendengarkan yang berbeda. EP Zirah kini telah tersedia di seluruh jaringan penjualan Demajors.

Rilisan fisik ini rencananya dijual pertama kali di pagelaran teatrikal “SIAPA KAMI”, yang juga bekerja sama dengan Kolase.com pada 4 April lalu, namun mengingat keadaan yang belum kondusif, acara ini terpaksa diundur hingga waktu yang belum ditentukan.

Meskipun begitu, pagelaran “SIAPA KAMI” masih tetap menjadi agenda Zirah ke depan ketika semua telah kembali normal. Rencananya, pagelaran teatrikal ini akan berlangsung selama empat babak dengan membawakan cerita nostalgia mulai dari sejarah terbentuknya Zirah hingga proses terciptanya lagu-lagu yang ada dalam album mini perdana mereka.

Sebagai tambahan informasi, Zirah merupakan band rock yang terdiri dari 4 personel perempuan asal Jakarta. Eksistensi Zirah di kancah musik nasional semakin kuat setelah mereka tampil di acara Synchronize Fest pada Oktober 2019 lalu. EP perdana mereka, Zirah, menjadi bukti bahwa di balik keaiban mereka, mereka serius bermusik.