82 Persen Penggemar Musik Baru Siap Hadiri Konser 6 Bulan Setelah Kuncitara Dicabut
Ilustrasi penonton konser (Instagram @primavera_sound)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah survei terbaru mengungkap, 82 persen pengunjung festival baru merasa nyaman menghadiri acara musik hidup dalam waktu satu hingga enam bulan setelah kuncitara akibat pagebluk COVID-19 dicabut.

Survei tersebut menyusul dampak besar yang ditimbulkan oleh pagebluk pada kalender musik hidup di seluruh dunia pada tahun 2020. Sejumlah festival besar dan tur dibatalkan, ditunda atau dijadwal ulang karena krisis kesehatan.

Survei tersebut, yang digagas oleh Festicket, melibatkan lebih dari 110 ribu pengunjung festival dari seluruh Inggris dan Eropa dalam upaya untuk lebih memahami kesiapan penggemar musik untuk kembali menghadiri acara musik langsung setelah pagebluk COVID-19 mereda dan kuncitara mulai dicopot.

Hasil survei menemukan, 82 persen responden akan merasa percaya diri menghadiri festival dalam waktu satu hingga enam bulan setelah kuncitara dicabut. Dari hasil itu, 31 persen di antaranya mengatakan mereka akan senang menghadiri acara musik hidup setelah kuncitara berakhir.

Hanya 11 persen dari responden mengatakan bahwa mereka hanya akan merasa nyaman menghadiri acara musik hidup lagi setelah vaksin COVID-19 dikembangkan.

Survei Festicket juga menemukan fakta bahwa festival satu hari menjadi acara yang disukai di antara sebagian besar responden di mana 83 persen memilih format tersebut sebagai acara yang mereka rasa paling nyaman dihadiri. Sementara itu, 68 persen responden mengatakan mereka akan nyaman menghadiri festival akhir pekan.

Lebih dari 75 persen responden juga mengatakan mereka merasa yakin untuk memesan tiket pertunjukan dan festival yang akan berlangsung pada tahun 2021 - meskipun perlu dicatat bahwa lebih dari 82 persen mengatakan bahwa kebijakan pembatalan acara akan menjadi pertimbangan utama ketika memesan tiket untuk acara musik masa mendatang.

Sebelumnya, Rabu, 27 mei, Primavera Sound Festival mengumumkan 100 penampil pertama dalam line-up mereka untuk festival 2021.