Bagikan:

JAKARTA - Kris Kristofferson, penyanyi country Amerika Serikat yang juga aktor, meninggal dunia pada Sabtu, 28 September. Dia mengembuskan nafas terakhirnya di Hawaii, di usia 88 tahun.

"Dengan berat hati kami sampaikan berita bahwa suami/ayah/kakek kami, Kris Kristofferson, meninggal dunia dengan tenang pada hari Sabtu, 28 September di rumah,” kata perwakilan keluarga, mengutip PEOPLE, Senin, 30 September.

“Kami semua sangat diberkati atas waktu yang kami lalui bersamanya. Terima kasih telah mencintainya selama bertahun-tahun ini, dan saat Anda melihat pelangi, ketahuilah bahwa ia sedang tersenyum kepada kita semua.”

Kepergian Kris menjadi duka mendalam bagi banyak orang, tak terkecuali rekan sesama musisi yang ia kenal selama ini. Mereka memberikan penghargaan (tribute) untuk pelantun “Me And Bobby McGee”.

Barbra Streisand, penyanyi yang menjadi lawan main Kris di film “A Star Is Born” (1976), melalui Instagram menyebut mendiang adalah sosok yang istimewa dan menawan

“Untuk konser terakhir saya pada tahun 2019 di Hyde Park, London, saya meminta Kris untuk bergabung dengan saya di atas panggung untuk menyanyikan duet kami di A Star Is Born,” kata Barbra.

“Dia tetap menawan seperti biasanya, dan penonton menghujaninya dengan tepuk tangan. Sungguh menyenangkan melihatnya menerima pengakuan dan cinta yang sangat pantas diterimanya.”

Legenda musik country Dolly Parton juga menyampaikan tribute untuk Kris. Mereka dikenal dekat, dengan beberapa karya duet, seperti “From Here to the Moon and Back” dan “Put It Off Until Tomorrow”.

“Sungguh kehilangan yang besar. Penulis yang hebat. Aktor yang hebat. Sahabat yang hebat. Aku akan selalu mencintaimu,” tulis Dolly Parton.

Tidak hanya Barbra Streisand dan Dolly Parton, musisi country seperti Reba McEntire, Eric Church, Travis Tritt, hingga Diane Warren juga ikut kehilangan atas kepergian Kris Kristofferson.

Sebagai informasi, Kris Kristofferson lahir di Texas pada 22 Juni 1936. Dia debut dengan album “Kristofferson” di tahun 1970.

Sepanjang karier musiknya, Kris telah merilis 18 album studio, 3 album live, 5 album kompilasi, dan masih banyak karya musik lain.