Bagikan:

JAKARTA - Musisi asal Singapura, Josh Makazo memperkenalkan single terbarunya berjudul "Belong To You” lewat No Saints Allowed. Rilisan ini hadir sebelum ia menggelar konser perdana di negara asalnya yang akan segera digelar pada 18 Oktober.

Terlepas dari lirik tentang kepedihan dan pengkhianatan, “Belong To You” uniknya menampilkan melodi-melodi yang bersemangat dan catchy. Aransemen tersebut jadi lapisan permukaan dari karya terbaru Josh, yang inign menunjukkan rasa sakit hati dan kebingungan.

“‘Belong To You’ mengambil inspirasi dari pengalaman pribadiku dengan seseorang yang tidak setia. Lirik-lirik lagu ini membahas tentang hal itu namun sengaja dibalut dengan melodi-melodi yang uplifting dan tempo yang upbeat sebagai metafora akan fasad bahagia yang aku tunjukkan selama ini,” tutur Josh Makazo dalam siaran tertulis.

Musik Josh penuh dengan kejujuran dan merangkum kompleksitas emosi manusia, semuanya dikemas dengan format musik bergenre pop. Lagu “Belong To You” adalah bukti dari kemampuannya untuk memadukan berbagai emosi dengan ruang musik pop yang dapat menyihir semua pendengarnya dengan melodi-melodi yang catchy tapi reflektif.

“Salah satu perasaan yang aku simpan cukup lama di diriku adalah rasa bingung, namun kemudian hal itu menghilang setelah aku menerima realita ini. Aku kemudian perlahan keluar dari “dunia” yang aku dan pasanganku dulu miliki, dan aku pun sadar bahwa semuanya hancur saat aku berdamai dengan kenyataan," papar artis 21 tahun tersebut.

"Rasa penerimaan tersebut sangat penting bagiku sampai aku ingin mengungkapkannya dalam sebuah lagu. Aku ingin pendengar musikku merasakan momen reflektif yang aku rasakan. Kompleksitas permainan saksofon solo di bagian akhir di atas banyak elemen lainnya mewakili rasa histeria akan berbagai perasaan yang aku alami,” lanjut Josh.

Josh telah mengumumkan solo konser perdananya bertajuk ‘BEFORE I SEE: Josh Makazo’s First Headline Show’ yang akan digelar pada 18 Oktober di Esplanade Annexe Studio di Singapura.

Seminggu sebelum konser solo perdananya, Josh dijadwalkan merilis EP barunya, ‘BEFORE I SEE’, yang akan menjadi cuplikan dari album ke-2-nya, ‘ULTRAVIOLET’. Josh akan membawakan single-single hit-nya dengan arrangement yang serba fresh, mulai dari “half of my heart” hingga “eclipse” serta lagu-lagu di album perdananya ‘GRADIENT’ dan lagu-lagu di EP ‘BEFORE I SEE’.

Selain itu, Josh dijadwalkan tampil di Indonesia untuk pertama kalinya, tepatnya di AXEAN Festival 2024 yang akan digelar pada 28 dan 29 Oktober mendatang di Jimbaran Hub, Bali. Ia akan berbagi panggung dengan banyak musisi Asia Tenggara lainnya, termasuk dari Indonesia, seperti The Jansen, The Panturas, Navicula, dialog dini hari, Grrrl Gang, dan masih banyak lagi.