Bagikan:

JAKARTA - Grup 5 Wanita bukan hanya kumpulan wanita yang bernyanyi, melainkan hadir untuk mendukung budaya Indonesia melalui musik.

Terbaru, grup beranggotakan Rieka Roslan, Andien, Nina Tamam, Iga Mawarni, dan Yuni Shara merilis lagu berjudul “Kebaya Indonesia” yang khusus dibuat untuk merayakan Hari Kebaya Nasional yang pertama pada 24 Juli lalu.

Rieka Roslan yang menulis lagu “Kebaya Indonesia” mengatakan, 5 Wanita sudah sejak lama menunjukkan kepedulian atas warisan budaya Nusantara. Mereka kerap tampil dengan mengenakan wastra yang merupakan kain tradisional Indonesia.

“Sebenarnya kan sudah dari dulu 5 Wanita sering memakai baju wastra Indonesia. 5 Wanita itu berdiri kan untuk budaya, jadi kita sering memakai kebaya ini,” ujar Rieka Roslan di Pos Bloc, Jakarta Pusat, Minggu, 28 Juli.

“Pas kita nyanyiin Kebaya Indonesia setelah 16 tahun 5 wanita ini berdiri, semua baru amaze (kagum), ada perempuan berlima yang selalu bersuara tentang wastra Indonesia,” lanjutnya.

Eks vokalis The Groove itu berharap apa yang dilakukan 5 Wanita dapat menginspirasi penyanyi muda lebih percaya diri tampil dengan pakaian khas Indonesia. Bahkan ia berharap anak-anak muda lain juga mengenakan wastra dalam kesehariannya.

Senada dengan Rieka, Iga Mawarni berharap Hari Kebaya Nasional jadi momentum tepat untuk memperkenalkan kebaya lebih luas.

“Saya kira ini saatnya buat kita semua, khususnya perempuan, harus mulai aware dan mau berbicara tentang kebaya. Karena di belahan dunia sekarang kan sudah nggak ada batasnya, semua informasi mengenai kebudayaan dan kesenian itu cepat-cepatan. Siapa yang cepat mendeklarasikan, dia yang pasti mendapatkan tempat,” tutur Iga.

“Jadi, ini momennya, ini saatnya, mari kita bicara tentang kebaya, mari kita kenalkan kebaya dengan bangga. Mari anak muda jangan sungkan, jangan takut, jangan merasa risih dengan kebaya, justru ini saatnya kalian berjuang melalui cara, gaya dan medsos yang kalian punya. Kita kenalkan kebaya dengan bangga,” pungkasnya.