Bagikan:

JAKARTA - United Musicians and Allied Workers (UMAW) atau Persatuan Musisi dan Serikat Pekerja kembali menyatakan solidaritasnya untuk Palestina. Mereka mendukung apa yang disuarakan Massive Attack atas peristiwa yang terjadi di festival musik The Great Escape.

Seperti diketahui, ratusan musisi mundur dari The Great Escape setelah mengetahui dugaan pihak sponsor festival tersebut mendukung apa yang dilakukan Israel terhadap Palestina.

“Musisi dan pekerja budaya mempunyai kekuatan untuk menahan kerja kita guna menuntut perubahan,” tulis UMAW dalam keterangan unggahan Instagram.

Dinyatakan pula bahwa dalam sepekan terakhir, puluhan artis ikut memboikot sponsor The Great Escape dan 120 artis mundur dari pertunjukan.

“Sungguh luar biasa untuk berpikir bahwa pada tahun 2024 para promotor dan festival masih belum memahami bahwa sebagai artis, musik kami dijual tetapi kemanusiaan dan moralitas kami tidak,” bunyi pernyataan Massive Attack.

UMAW juga mengingatkan para musisi untuk mengingat bahwa apa yang dilakukan dengan memboikot sponsor saling berhubungan dengan solidaritas mereka untuk Palestina.

“Kita tidak bisa melanjutkan aktivitas seperti biasa karena warga Palestina terus menghadapi genosida,” kata UMAW.

“Para musisi tidak ingin musik, gairah, dan dampak budaya kita dikaitkan dengan genosida mengerikan di Palestina yang dibantu oleh perusahaan-perusahaan ini. Sebagai pekerja budaya, kita memiliki kesempatan untuk tidak melibatkan tenaga kerja kita dalam festival-festival ini.”