Persatuan Musisi di Inggris Serukan Gencatan Senjata di Timur Tengah
Ilustrasi (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Persatuan Musisi (Musician Union) di Inggris membahas konflik Israel dan Palestina dalam sebuah pernyataan yang menyerukan “gencatan senjata kemanusiaan segera”.

Komite eksekutif serikat pekerja juga setuju untuk memberikan sumbangan kepada Palang Merah untuk mendukung tujuan kemanusiaan di Israel dan Palestina dan juga akan memberikan uang kepada West-Eastern Divan Orchestra, yang mendidik musisi muda Israel dan Palestina.

Menurut MU, West-Eastern Divan Orchestra melihat anggotanya terkena dampak langsung oleh konflik tersebut 

“Tujuan orkestra ini adalah untuk menyatukan individu-individu yang terkena dampak perang melalui musik.  Di dunia yang semakin terpolarisasi, kemampuan untuk mendengarkan dan memahami penderitaan orang lain menjadi semakin penting," kata MU dalam keterangan yang dikutip melalui NME 

Ketika menjelaskan rencananya untuk berdonasi kepada kedua badan amal tersebut, mereka menambahkan: “Kami menyerukan diakhirinya perang dan kekerasan,” sebelum membahas lebih lanjut dukungannya terhadap gencatan senjata: “Kami mendukung seruan TUC dan PBB untuk segera melakukan gencatan senjata kemanusiaan di Timur Tengah dan sangat mendesak komunitas internasional untuk melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa hukum internasional ditegakkan dan semua warga sipil dilindungi.

 “Di MU, kami menyadari ada anggota yang terkena dampak langsung dan tidak langsung dari peristiwa di Timur Tengah.  Kami mengutuk meningkatnya kebencian yang kami tahu sedang terjadi di negara ini dan diskriminasi, pelecehan, serta pembatalan pekerjaan yang dihadapi para anggota sebagai dampaknya.

“Perilaku antisemitisme dan Islamofobia tidak pernah bisa diterima.  Pelecehan yang ditujukan pada komunitas Yahudi dan Islam di Inggris, yang dalam beberapa kasus menyamar sebagai solidaritas, adalah hal yang sangat menjijikkan.”

Sementara itu, para seniman berkumpul untuk menandatangani surat terbuka yang menyuarakan dukungan mereka terhadap gencatan senjata.  Lebih dari 4000 artis termasuk Pulp, Lucy Dacus, Sleater-Kinney dan banyak lagi berkumpul di bawah kolektif Musisi untuk Palestina untuk menuntut gencatan senjata bulan lalu.

Sam Fender, The Libertines, Fontaines D.C. dan banyak lagi juga menandatangani surat terbuka #MusicForACeasefire sehubungan dengan The Peace and Justice Project yang didirikan Jeremy Corbyn pada awal November.

Menurut Al-Jazeera, 20,301 warga Palestina dan 1,139 warga Israel terbunuh sejak 7 Oktober.