Rasa Tanggung Jadi Alasan Gigi Tetap Bertahan dan Eksis Selama 30 Tahun
Gigi (Foto: Instagram @gigibandofficial)

Bagikan:

JAKARTA - Gigi resmi memasuki usia tiga dekade pada 22 Maret kemarin. Dengan itu, mereka tetap menunjukkan konsistensi selama 30 tahun bermusik.

Saat ini, Gigi juga masih terus menerima tawaran manggung, dan mereka masih tampil energik di setiap kesempatan.

Armand Maulana menyebut rasa tanggung jawab setiap personel menjadi alasan mereka masih tetap menjalani jadwal yang cukup padat dan tampil energik, meski tidak dapat dipungkiri bahwa usia setiap personel semakin menua.

“Kalau itu sih sebenarnya tanggung jawab masing-masing. Misalnya nih kayak yang kemarin, (konser) Road to 30 Tahun di Lapangan Senayan, sebetulnya stage kan 360 (derajat), itu staminanya lebih berat dibanding panggung biasa. Tapi akhirnya kita berempat bisa, karena mereka merasa tanggung jawab masing-masing,” kata Armand Maulana di Cilandak, Jakarta Selatan, Senin, 25 Maret.

“Mendekati satu bulan, dua bulan, satu minggu, itu semuanya udah konsentrasi. Bukan hanya hafal lagu dan aransemen, skenario di atas panggung, tapi termasuk stamina. Semuanya punya tanggung jawab masing-masing, entah itu dari cara makan, olahraga, dan sebagainya,” lanjutnya.

Bicara soal apa yang menjadikan Gigi tetap solid di usianya yang ke-30, sang vokalis menyebut seluruh hal yang dilalui, cara mereka mengatasi masalah, telah menjadikan Gigi sebagai band yang dewasa.

“Prosesnya naik turun, ada album yang nggak jalan, ada album yang meledak banget, ada tur yang sukses, ada tur yang nggak sukses, ada keributan antar personel, perselisihan, keluar. Naik turun lah. Tapi pada akhirnya kita semua bersatu di satu wadah dan rumah, ya Gigi, sampai sekarang 30 tahun,” ujar Armand Maulana.

“Menurut kita sih keributan-keributan atau masalah yang terjadi itu justru yang bikin kita semakin dewasa,” pungkas sang vokalis Gigi.