Bagikan:

JAKARTA - Grup musik eksperimental Kuntari bersiap untuk menjalani tur keliling Eropa. Perjalanan ini sebagai kelanjutan dari tur mereka yang sukses di Jepang tahun lalu.

Dalam turnya yang berlangsung selama 35 hari mulai Maret hingga April, Kuntari akan tampil di 30 panggung. Total 25 kota dari 9 negara akan disambangi, yaitu Belanda, Jerman, Perancis, Denmark, Belgia, Italia, Lituania, Polandia dan Republik Ceko.

Nantinya, Kuntari akan tampil di beberapa venue legendaris, seperti Alice di Copenhagen, Denmark dan LOFTAS di Vilnius, Lithuania. Tesla Manaf dan Rio Abror akan mengarungi tur Eropa tanpa ditemani kru. Hal ini serupa dengan apa yang terjadi di Jepang.

"Banyaknya permintaan teman-teman di Eropa untuk tampil di negara mereka, membuat saya nekat melakukan semua secara mandiri sejak Oktober lalu,” kata Tesla Manaf dalam keterangan tertulis, Selasa, 26 Maret.

“Teman-teman yang tersebar di sembilan negara ini berbaik hati menyarankan venue terbaik di kotanya dan dari situlah tawaran panggung jadi banyak,” lanjutnya.

Tesla sendiri mengaku dirinya secara pribadi mengirimkan email ke lebih dari 100 venue di seluruh Eropa. Hal ini sempat Tesla bagikan via akun X (Twitter), berupa untaian utas bersambung kiat-kiat bagi musisi yang ingin melakukan tur panjang luar negeri.

Rencananya, album berjudul Larynx (2022) akan menjadi materi utama yang akan dimainkan di hadapan publik Eropa.