Bagikan:

JAKARTA - Reality Club resmi menyatakan diri mundur dari gelaran SXSW 2024. Sebelumnya mereka dijadwalkan tampil dua kali di acara tersebut, menyambung tur Amerika Utara yang tengah mereka jalani.

Fathia, vokalis Reality Club menceritakan situasi yang terjadi di balik keputusan besar itu. Ia mengatakan keputusan itu diambil setelah diskusi internal dan konsultasi dengan pihak-pihak terkait.

"Seperti yang kalian tahu kami membatalkan dua show di SXSW. Sulit untuk mengambil keputusan ini karena ada banyak orang dan penyelenggara yang terlibat. Kami berhenti di sebuah stasiun pengisian bahan bakar di antara California dan Texas untuk rapat mendadak," tulis Fathia lewat akun Instagramnya, @kittendust.

Sikap Fathia Cs didukung oleh promoter. Karena itu mereka harus mengambil sikap, meski panggung SXSW adalah salah satu impian besar grup asal Jakarta ini.

"Pada akhirnya kami sudah sepakat dan semua yang terlibat juga mendukung keputusan kami (untuk mundur dari SXSW), bahkan para promoter. Aku sangat vokal menyuarakan Palestina dan aku tak rela sebuah panggung atau mimpi menghalangi sesuatu yang sangat kupercaya. Aku bangga dengan keputusan yang telah band kami ambil," tegasnya.

Ini bukan kali pertama Reality Club urung tampil di SXSW pada 2020. Namun karena pandemi, mereka batal terbang ke Austin, Texas kala itu.

Kini Reality Club masih akan melanjutkan tur mereka di Amerika Utara. Tersisa Chicago, Toronto dan New York yang akan jadi ajang mereka memperkenalkan musik di benua Amerika.