4 Tahun Berlalu, Lagu <i>Rollin'</i> dari Brave Girls Puncaki Tangga Musik Korea
Brave Girls (Twitter @BRAVEGIRLS_)

Bagikan:

JAKARTA - Baru-baru ini, grup K-pop Brave Girls menjadi perbincangan di internet. Lagu mereka, Rollin’, yang dirilis tahun 2017 menempati posisi pertama di tangga musik Korea Selatan.

Lagu Rollin’ mulai menduduki peringkat pertama di Bugs pada 27 Februari.  Senin, 1 Maret, mereka tercatat memperoleh peringkat pertama di tangga musik Bugs, No. 3 di Genie, 29 di FLO, dan nomor 90 di Melon 24Hits.

Prestasi ini masih ditambah dengan kesuksesan mereka menyingkirkan status Perfect All-Kill yang dipegang IU dengan lagu terbarunya, Celebrity, serta SHINee dengan Don’t Call Me.

Brave Girls adalah grup K-pop generasi kedua yang debut pada tahun 2011. Mereka berada di bawah naungan agensi Brave Brothers dan melakukan debut dengan lagu The Difference.

Dibandingkan dengan grup perempuan dari generasi kedua lainnya, Brave Girls tidak begitu populer secara komersial. Namun, mereka memiliki kelompok penggemar yang solid.

Tahun 2012, saat mereka merilis album Re-Issue, trek utamanya Nowadays menempati tangga musik dan comeback mereka menjadi salah satu topik yang paling banyak dicari.

Namun, Brave Girls belum berhasil meraih perhatian masyarakat Korea. Apalagi sejak tahun 2011, berbagai proses pergantian anggota dialami Brave Girls. Bahkan mereka sempat vakum selama dua tahun.

Tahun 2017, Brave Girls dengan anggota Minyoung, Yujeong, Eunji, Yuna, dan Hayun merilis album mini Rollin’ dengan trek utama berjudul sama. Kemudian, Hayun memilih rehat setahun kemudian karena alasan kesehatan.

Viral

Lagu Rollin’ mulai viral pada pekan lalu setelah sebuah kanal YouTube bernama Viditor mengunggah kompilasi penampilan Rollin’ milik Brave Girls di berbagai acara termasuk saat menjadi bintang tamu dalam acara di kamp wajib militer.

Kanal Viditor menyelipkan komentar warganet mengenai penampilan Brave Girls. Tercatat video tersebut sudah ditonton 3,6 juta kali. Lagu Rollin’ dikenal di antara para tentara yang melaksanakan wajib militer. Viditor pun mengunggah bagian kedua dan videonya sudah disaksikan lebih dari satu juta.

Inilah yang menjadi alasan mengapa lagu Rollin’ mulai digemari masyarakat. Tidak sedikit warganet yang memuji lagu ini. Namun, karena kurang promosi dari agensi masyarakat tidak tahu lagu ini sudah berumur empat tahun.

Viralnya lagu lama ini bukan cuma dialami Brave Girls. Sebelumnya, lagu Up and Down dari grup EXID menjadi viral berkat sebuah fancam yaitu video yang direkam oleh penggemar menampilkan Hani EXID menari Up and Down.

Video fancam itu ditonton 33 juta kali dan nama EXID jadi populer sampai mereka dikenal dengan lagu-lagu selanjutnya. Meskipun lagu ini sudah dirilis sejak empat tahun lalu, Brave Girls baru mendapatkan kesuksesan komersial mereka sekarang.

Ingin Promosi Lagi

Saat melihat lagu Rollin’ di tangga musik, anggota Brave Girls tidak percaya dan menuliskan rasa terima kasih mereka kepada penggemar.

Saat melakukan wawancara dengan tvX, anggota Brave Girls membagikan pendapat mereka. Semua ini terjadi secara mendadak sehingga mereka tidak tahu cara meresponsnya.

“Kami masih tidak percaya? Kami? Tiba-tiba? Seperti itu. Saya suka membayangkan bagaimana rasanya memiliki lagu hit nomor satu. Tetapi sekarang lagu kami tiba-tiba kembali ke tangga musik dan kami meraih nomor satu,” kata Yujeong, dilansir dari Soompi.

“Lagu ini sudah empat tahun (dirilis) tetapi banyak orang yang menunjukan cinta mereka sampai kami duduk di nomor satu Bugs dan Melon 24Hits,” kata Eunji.

Rollin’ adalah lagu yang disukai semua anggota dan selalu menyesal karena lagu ini tidak mendapat apresiasi bagus jadi kami senang lebih dari apa yang kami ekspresikan karena orang-orang mulai mengetahuinya, tidak peduli seberapa telatnya,” kata Yuna.

Mereka juga berterima kasih kepada pihak pertama yang mengunggah video Rollin’. Bahkan mereka mengutarakan keinginan untuk tampil membawakan Rollin’.

Brave Brothers selaku CEO menyatakan, jika ada kesempatan untuk menyanyikan Rollin’ maka dengan senang hati, Brave Girls akan melakukannya.