SXSW Tidak Akan Lakukan <i>Refund</i> Meski Batalkan Festival
SXSW (Twitter @SXSW)

Bagikan:

JAKARTA - Untuk pertama kalinya, festival South by South by Southwest (SXSW) membatalkan acara yang seharusnya diadakan pada 13 hingga 22 Maret 2020. Festival yang menggabungkan sisi musik, komedi, dan film ini batal terkait virus corona atau COVID-19 yang mulai mewabah di daerah Amerika Serikat. Namun, berbeda dengan gelaran acara lainnya, pihak SXSW tidak akan melakukan refund seluruh tiket yang sudah dibeli.

Bukan tanpa alasan, pihak SXSW ternyata sudah menuliskan aturan ini sejak pengumuman penjualan tiket. Pada pernyataan yang ditulis pada situs mereka, pihak SXSW menegaskan bahwa pembatalan untuk pemesanan hotel terkait SXSW tidak ditanggung oleh pihak penyelenggara.

Begitu juga seluruh pembayaran yang dilakukan untuk SXSW tidak dapat dikembalikan untuk alasan apapun termasuk pembatalan, kejadian yang tidak direncanakan karena sakit, kehendak Tuhan, masalah terkait travelling, terorisme, kehilangan pekerjaan, dan pembelian yang diduplikasi.

Selain itu, dikutip dari NME, Kamis, 12 Maret, para penyelenggara sedang berupaya mencari tanggal baru agar SXSW tetap bisa berjalan. Apalagi, pembatalan ini merupakan yang pertama kalinya dalam 34 tahun penyelenggaraan SXSW. 

Roland Swenson, co-founder SXSW mengatakan, mereka menyediakan asuransi untuk beberapa kejadian seperti terorisme, cedera, kerusakan properti, dan cuaca. Tetapi infeksi bakteri, penyakit menular, virus dan pandemik tidak ditanggung.

Ini adalah puncak gunung es dari semua rangkaian masalah SXSW. Sebelumnya, SXSW dikabarkan memecat beberapa karyawan karena kerugian yang mereka derita terkait pembatalan acara. Sebanyak 175 karyawan tetap dirumahkan karena peristiwa ini.

Jauh sebelumnya, beberapa partisipan dan sponsor memutuskan mundur dari perhelatan di Austin ini. Di antaranya ada Netflix, Facebook, Twitter, dan Amazon. Beberapa penampil seperti Ozzy Osbourne, Trent Reznor, dan Beastie Boys juga membatalkan penampilannya di SXSW.

Sejumlah film yang akan ditayangkan perdana di SXSW juga dibatalkan tetapi IndieWire sebagai media online yang berfokus di ranah indie akan memberikan gambaran singkat, ulasan, serta wawancara dengan tim produksi dari 15 film yang sedianya akan tayang di SXSW.

Film-film itu adalah Bad Trip, In & Of Itself, I Used to Go Here, Kenny Scharf: When Worlds Collide, 9to5: The Story of a Movement, Once Upon a Time in Uganda, Pink Skies Ahead, She Dies Tomorrow, Shithouse, Shiva Baby, The Surrogate, The 24th, One of These Days, You Cannot Kill David Arquette, serta Violet.