Indra Lesmana Unggah Foto Bersejarah dari Ayahnya, Jack Lesmana
Jack Lesmana (kiri atas), ayah Indra Lesmana bersama grup musiknya (Instagram/@indralesmana)

Bagikan:

JAKARTA - Musisi, produser dan penulis lagu Indra Lesmana mengunggah foto ayahnya, Jack Lesmana bersama grup musiknya.

Melalui akun Instagram miliknya, Indra Lesmana yang dikenal sebagai musisi jazz papan atas Indonesia menyebut foto sang ayah dengan empat rekannya itu sebagai grup yang mengisi perjalanan sejarah musik jazz Tanah Air.

“Menemukan foto yg menurut saya sangat bersejarah,” tulis Indra Lesmana, Kamis, 8 Februari.

“Ini adalah formasi awal Jack Lesmana Combo saat memulai rekaman untuk acara TVRI garapan ayah saya yang berjudul Nada & Improvisasi di studio rekaman yang beliau dirikan bernama Celebrity di Kebayoran circa tahun 1974,” lanjutnya.

Dalam foto tersebut terdapat Jack Lesmana (gitar, trombone) selaku pentolan grup dan empat musisi jazz lain, yaitu Ferry Berhitu (gitar), Rully Johan (piano), Wempy Tanasale (bass), dan Karim Suweileh (drum).

Sebagai informasi, nama Jack Lesmana tidak dipisahkan dari sejarah jazz modern di Indonesia. Mulai bermusik sejak tahun 1945, Jack pernah menjadi tim musik untuk Miss Riboet, dan kemudian tergabung dalam grup musik jazz pertama di Indonesia, Indonesian All Star pada pertengahan tahun 1960an.

Bersama grup musik tersebut, Jack bermain bersama Bubi Chen (piano), Benny Mustapha (drum), Maryono (flute, saksofon), dan Jopie Chen (bass). Grup ini bermain hingga benua Australia, Eropa, dan Amerika Utara.

Kontribusinya terhadap musik Indonesia semakin besar ketika bergabung dengan Irama Record. Berperan sebagai penata musik sekaligus supervisor musik, Jack telah melahirkan beberapa karya bersama dengan penyanyi populer pada tahun 1960an, seperti Oslan Husein, Nien Lesmana, Ivo Nilakrishna, dan Bing Slamet.