Bagikan:

JAKARTA - Dalam wawancara dengan majalah Total Guitar Inggris, Kirk Hammett dari Metallica mengatakan bahwa satu-satunya orang yang benar-benar peduli dengan solo gitar adalah gitaris lain.

Untuk itu, Hammet lebih fokus pada sisi komposisi lagu ketimbang menonjolkan permainan gitarnya pada bagian interlude atau semacamnya.

"Orang-orang tidak akan mengingat solo gitar yang keren," Hammet mengawali.

"Saya benci mengatakannya kepada semua pembaca Anda di luar sana. Mereka akan mengingat melodi yang bagus. Mereka akan mengingat lagu yang bagus. Dan saya tidak berbicara tentang musisi. Ya , musisi akan mengingat solo gitar yang hebat, tetapi non-musisi, yang merupakan mayoritas dari dunia pendengar, mereka tidak akan mengingat solo gitar," dia melanjutkan.

"Ya, mereka akan mengingat melodi yang bagus dan mereka benar-benar akan mengingat lagu yang bagus, terutama lagu yang akan membawa mereka ke tempat yang berbeda dari lima menit sebelumnya."

Hammett melanjutkan dengan mengatakan bahwa fokusnya harus selalu pada lagu itu sendiri.

“Saya mengetahuinya ketika saya berusia 15 tahun,” jelasnya. “John Marshall [mantan teknisi gitar dan gitaris pengganti James Hetfield pada salah satu konser Metallica] dan saya telah bermain gitar selama enam bulan ketika saya berkata kepadanya, 'Kita harus mulai menulis lagu. Lihat KISS, mereka menulis semua lagu mereka sendiri.. .dan Aerosmith, Van Halen.' Jadi John dan saya mulai menulis musik. Dan itu memang omong kosong, tapi itu adalah sesuatu."

Hammett menambahkan bahwa pendekatannya terhadap album terbaru Metallica, 72 Seasons, adalah dengan sengaja mengimprovisasi 20 atau 30 solo, memberikan semuanya kepada drumer Lars Ulrich dan produser Greg Fidelman, dan memberi tahu mereka, "Kalian, edit itu."

“Saya ingin solonya menjadi solo rock tahun 70an, atau singkatnya, Angus Young [AC/DC],” kata Kirk.

“Karena saya menyukai alur Angus, dan selama beberapa tahun terakhir ini saya menemukan apresiasi yang lebih besar terhadap permainannya karena Angus selalu bermain untuk lagu tersebut."

"Beberapa solonya gila dan aneh dan luar biasa tetapi selalu, selalu begitu dalam konteks lagu itu, dan sepertinya Angus tidak pernah berhasil melakukan apa pun. Kedengarannya seperti dia langsung masuk ke sana dan melakukannya, dan itulah yang saya lakukan."

"Saya harus melakukannya dengan cara ini karena itulah cara saya merasakannya di dalam. Saya ingin spontanitas. Saya tidak ingin solo gambar yang sempurna karena beberapa solo pemain favorit saya agak compang-camping dan saya menyukainya."