Bagikan:

JAKARTA - Menjelang pergantian tahun, Raisa merilis single baru berjudul Tak Berharap Lagi. Lagu ini menjadi single keempat Raisa sepanjang tahun 2023, termasuk dua lagu kolaborasi dengan Ahmad Dhani, Biar Menjadi Kenangan, dan Begitulah Cinta.

Lewat Tak Berharap Lagi, Raisa untuk pertama kalinya berkolaborasi dengan Andmesh Kamaleng sebagai pencipta lagu. Sementara itu, S/EEK menjadi produser di lagu ini.

Awalnya, lagu ini diciptakan untuk dinyanyikan Andmesh. Namun pada akhirnya mereka bersepakat lagu ini dinyanyikan Raisa.

“Karakter suara Raisa sangat cocok untuk lagu ini. Makanya aku langsung kirim ke Raisa tanpa ragu,” kata Andmesh dalam keterangannya, Jumat, 15 Desember.

Adapun, Tak Berharap Lagi mengisahkan pasangan yang mendewakan dan memuja cinta. Namun seiring berjalannya waktu, rasa cinta tersebut perlahan menghilang. Ternyata pasangan yang dirasa tepat tersebut menjadi sumber dari rasa sakit, yang akhirnya membuat tak berani berharap lagi.

Lewat lagu ini, pendengar diajak kembali pada era Raisa menyanyikan lagu galau. Potongan lagu yang dirilis beberapa pekan lalu telah banyak digunakan warganet sebagai musik latar dari video kreasi mereka yang diunggah ke media sosial.

“Lagu ini menurut aku akan jadi salah satu lagu klasik pop Indonesia galau yang karaoke-able dan dirasakan banyak orang. Harapan aku juga dengan lagu yang aku garap bareng Andmesh ini bisa membawa nostalgia dengan lagu baru serta bisa jadi lagu yang everlasting,” ujar Raisa.

Selain sudah dapat didengarkan di platform musik digital, Tak Berharap Lagi juga hadir dalam bentuk video lirik yang disutradarai West Waisnawa dan dapat disaksikan di YouTube.

Proses syuting dilakukan di Kebun Raya Bali pada September lalu. Konsep video ini menjelaskan kerisauan hati antara Raisa dan Meerqeen. Penggunaan gelang-kunci menjadi simbol seseorang yang telah mengunci rapat hatinya dan tidak akan pernah bisa dibuka oleh siapapun, melainkan hanya dirinya sendiri.