Debut XANDEGA Sebagai Solois Lewat Single Berjudul DA DAWG WITHIN
XANDEGA debut solo lewat single DA DAWG WITHIN (dok. Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Dikenal sebagai pemain bass dari band Polka Wars, XANDEGA debut sebagai solois dengan merilis single berjudul DA DAWG WITHIN.

Musisi dengan nama lengkap Xandega Tahajuansya itu, menulis sendiri single debutnya. Karya yang dibuatnya diinspirasi dari apa yang disebut imposter syndrome, sebutan bagi orang yang tidak memiliki rasa percaya diri dan cenderung merasa tidak pantas akan pencapaiannya.

Kisah dari lagu ini dialami sendiri oleh XANDEGA. Ia merasa perjalanan 10 tahun bermusik penuh dengan hal yang membuat depresi, karena ia menunda-nunda mengejar mimpinya untuk menjadi seorang artis sepenuhnya.

Untuk nuansa musik yang dihadirkan, DA DAWG WITHIN menggabungkan musik dansa dan nyanyian pop, terinspirasi dari musisi lain seperti Joji atau James Blake.

Aransemen DA DAWG WITHIN dihasilkan dari observasi yang dilakukan XANDEGA selama setahun belakangan, di mana ia memainkan musik dansa dalam berbagai genre dengan tempo yang cepat.

Meski menulis dan memproduseri lagunya sendiri, XANDEGA juga dibantu beberapa musisi lain. Ia sempat diarahkan oleh Emir AM dari White Chorus dan BAP. Sementara itu, proses mixing dan mastering dilakukan oleh Erik Soto.

Tidak hanya dapat didengar di platform musik digital, DA DAWG WITHIN juga hadir dalam bentuk video klip yang dapat dilihat di YouTube.

Lewat single debut ini, XANDEGA berharap bisa dikenal lebih luas. Ia juga sudah mempersiapkan beberapa single lain yang rencananya akan dirilis awal 2024 mendatang.