Bagikan:

JAKARTA - Dee Snider dari Twisted Sister menanggapi pasukan Pertahanan Israel (IDF) yang memutar lagu hit bandnya, We're Not Gonna Take It.

Saat tiba di Bandara Internasional Los Angeles dalam sebuah perjalanan, TMZ meminta pendapat kepada Snider tentang IDF yang menggunakan lagu Twisted Sister keluaran 1984 itu.

“Tahukah Anda? Serangan terhadap Israel, orang-orang kehilangan pandangan terhadap sesuatu. Orang-orang mengatakan, 'Oh, respons yang diberikan terlalu keras dibandingkan dengan apa yang terjadi.' Ya, Anda tidak bisa memutuskan respons ketika Anda melakukan hal-hal keji terhadap warga sipil. Anda tidak boleh mengatakan, 'Oh, itu sudah cukup, itu sudah cukup sebagai pembalasan'," Snider membuka.

“Tidak, tidak seperti itu. Ketika Anda melewati batas itu, Anda membakar orang, Anda membantai orang, Anda memperkosa orang, Anda membunuh orang setelah apa yang terjadi di festival itu, Anda tidak boleh mengatakan, 'Oke, balas dendam Anda bisa sebanyak ini.' Tidak. Pembalasan adalah sebuah pengorbanan besar. Dan saya berasal dari sekolah itu. Anda melewati batas itu, Anda tahu… Hal buruk akan terjadi," dia melanjutkan.

Snider menambahkan, dirinya suka jika militer dan guru menggunakan lagu tersebut.

“Saya diberkati bahwa saya dapat mewujudkan impian saya karena kita memiliki orang-orang yang dengan sukarela melindungi negara kita, melindungi negara mereka, dan ketika saya mendengar bahwa mereka menggunakan lagu saya, lagu tersebut mereka izinkan untuk saya tulis, karena mereka membela kebebasan kita, kata saya, dengan lebih lantang dan bangga. Nyanyikanlah, kawan-kawan,” katanya kepada TMZ.

Ketika diminta untuk mengklarifikasi apakah dia setuju dengan IDF yang menggunakan lagu We’re Not Gonna Take It sebagai seruan perang mereka, Snider berkata: “Oh, tentu saja (saya setuju).”

Snider juga menjelaskan lagu tersebut dan tujuannya digunakan sebagai seruan perang. “Saya menulis sebuah lagu 40 tahun lalu yang saya tidak menyangka akan menjadi lagu rakyat selama ini. Namun, saya memang sengaja menulisnya sehingga siapa pun bisa memasukkan situasi mereka ke dalamnya. Jadi saya tidak pernah menghentikan orang untuk menggunakannya karena itu adalah sensor, dan saya berjuang melawan sensor di tahun 80an. Ini dirancang agar orang dapat menggunakannya sebagai seruan perang mereka. Dan saya punya mereka di sebelah kiri yang menggunakannya, saya punya hak yang menggunakannya, saya punya acara olahraga yang menggunakannya, saya punya anak-anak yang menggunakannya. Jadi itu indah.”

Dia melanjutkan: “Tetapi ketika seseorang membela sesuatu yang tidak saya perjuangkan dan itu mencerminkan hal itu pada saya, saya akan berbicara dan mengatakan — saya tidak mencoba menghentikan mereka untuk menggunakannya, saya hanya mengatakan saya mengecam penggunaan lagu tersebut… Dan orang-orang menyukai restu dari penulis lagu. Jadi, [jika] Anda menggunakan lagu saya, perjuangkan sesuatu, perjuangkan sesuatu yang baik, perjuangkan sesuatu yang benar. Jangan membela kebohongan dan omong kosong karena terlalu banyak hal yang terjadi saat ini.”

Seperti diberitakan sebelumnya, pada awal Oktober ini Hamas melancarkan serangan dini hari ke Israel selatan yang kemudian memicu perang Israel-Hamas.