Bagikan:

JAKARTA – Jakarta Philharmonic Choir (JPC) akan menggelar konser perdana di Gedung Pusat Perfilman H. Usmar Ismail, Kuningan, 16 September mendatang. Konser dari kelompok paduan suara yang didirikan tahun lalu itu dimaksudkan Untuk memperkenalkan diri kepada masyarakat, khususnya dunia musik dan paduan suara. 

“Konser pertama Jakarta Philharmonic Choir ini melibatkan 45 anak yang tergabung dalam dua paduan suara, yaitu paduan suara anak dan remaja, dengan satu orang kondiktor. Melibatkan penata musik Aminoto Kosin, Chamber Orchestra (9 musisi), serta solis Gabriel Harvianto,” kata panitia pelaksana konser JPC, Sukanty Sidharta di Jakarta, Kamis, 17 Agustus. 

Dijelaskan, persiapan menjelang konser JPC terus dilakukan. Menurut Sukanty, yang juga merupakan Master Choir Jakarta Philharmonic Orchestra dan pelatih di JPV,latihan tidak saja hanya sebatas vokal tetapi juga koreografi. 

“Selain itu, secara non teknis, panitia terus melakukan penjualan tiket, bekerja sama dengan sponsor, dan donatur agar konser ini dapat terlaksana,” Sukanty menambahkan.

Jakarta Philharmonic Choir (JPC) didirikan pada April 2022 oleh para pengasuh Jakarta Philharmonic Orchestra (JPO), yakni Neneng Rahardja, Aminoto Kosin, dan Sukanty Sidharta. JPO sendiri dikenal sebagai orkestra musik klasik tertua di Indonesia yang semula dikenal sebagai Orkes Simfoni Jakarta.

Awalnya, JPC didirikan untuk mendukung JPO. Seiring waktu, JPC menjadi komunitas paduan suara mandiri yang tidak bergantung pada JPO. JPC saat ini berfokus sebagai komunitas paduan suara anak dan remaja yang anggotanya terentang dari para siswa SD hingga mahasiswa.

JPC memiliki misi mendidik, mengajar, dan membekali generasi muda untuk mengenal, mempelajari, dan mencintai musik, khususnya paduan suara. Oleh karena itu, para anggota JPC mengembangkan kemampuan di berbagai aliran musik, tidak hanya dalam genre musik klasik.

Sekitar setahun keberadaannya, JPC telah tampil di sejumlah kegiatan, seperti: Pembukaan Art Moments Jakarta di Art:1 New Museum, Jakarta; sebagai paduan suara pembuka Forum Kapasitas Nasional SKK Migas; Festival Merah Putih yang digelar Bimasena Club, dan Festival UMKM.