Tetap Progresif, Isyana Sarasvati Kini Lebih Abstrak dan Penuh Mantra
Isyana Sarasvati (Dok. Isyana Sarasvati)

Bagikan:

JAKARTA - Isyana Sarasvati kembali melanjutkan perjalanan musiknya dengan merilis album keempat bertajuk ISYANA. Album ini lahir dari proses pendewasaan pascapandemi COVID-19 dan beragam kejadian yang terjadi di sekitar Isyana.

Isyana menyebutkan bahwa album keempat ini adalah bagian cerita personalnya yang berhasil bertahan dari ‘kiamat kecil’ itu. Musisi kelahiran Bandung ini merasa bahwa pandemi adalah momen turning point and burning point yang ia alami.

“Banyak yang bisa kita pelajari dan ambil hikmahnya dari kiamat kecil ini yang membuat aku jadi manusia yang lebih dewasa lagi dan ternyata banyak perjalanan spiritual dan non spiritual yang aku dapatkan setelahnya,” cerita Isyana Sarasvati dalam keterangannya.

Apa yang ia temukan pada era tersebut ternyata juga membantunya untuk mengenali dirinya lebih jauh. Beragam hal yang dirasakan oleh Isyana menjadi energi yang baik baginya untuk berkarya. Sampai akhirnya ia berhasil menciptakan tiga lagu tambahan yang melengkapi album ISYANA.

Dalam album ini, Isyana Sarasvati kembali mengajak Mantra Vutura untuk mencipta sebuah mahakarya berjudul UNDER GOD’S PLAN setelah sebelumnya memproduksi tracks berjudul Prelude I yang juga hadir dalam EP My Mystery.

Lagu ini sendiri menjadi karya terpanjang sang musisi dengan durasi 6 menit 52 detik yang diciptakan bersama kolaborator. Dalam lagu ini, salah satu personel Mantra Vutura, Zakari Danubrata, ikut bernyanyi. Menariknya, Isyana menghadirkan bahasa-bahasa yang ia ciptakan sendiri dan terasa seperti mantra yang indah.

Balutan musik rock progresif masih terasa dalam dalam single ini, dengan tambahan musik elektronik dari duo Mantra Vutura.

Tidak kalah menariknya, Isyana juga menyuguhkan materi rock progresif baru berjudul “Mindblowing!”. Lagu ini merupakan sebuah ekspresi abstrak tentang bagaimana perjalanan individu seseorang yang berbeda-beda dapat menyatukan individu satu sama lain.

Ekspresi abstrak ini Isyana sajikan dengan gebukan drum yang mengentak dan riff gitar menggila. Lalu, ada hal yang menjadi ikonik dalam lagu ini, yakni Isyana menghadirkan senandung yang akan menghipnotis siapa pun.

Album ISYANA terasa begitu spesial dan sangat personal bagi seorang Isyana Sarasvati, buktinya ia menambahkan juga sebuah single dengan melodi yang amat hangat untuk para pendengar yang diciptakan bersama sang suami tercinta Rayhan Maditra. Ini menjadi kali kedua Isyana berkolaborasi dengan Mako (sapaan akrab sang suami), setelah sebelumnya merilis lagu 1+1 di tahun 2021 lalu.

Isyana dan Mako menjelaskan bahwa lagu ini adalah single yang personal bagi mereka karena datang dari orang yang sangat dekat bagi mereka dan memiliki pesan pribadi untuk orang yang dicintai. Bahkan, Isyana menghadirkan versi lainnya sekaligus yaitu stripped version sebagai bonus track.

Tidak berhenti di sana, Album ISYANA dilengkapi dengan dua bonus trek lainnya, salah satunya adalah UNLOCK THE KEY (Electone Version), sebuah sajian instrumental yang video performance-nya telah dirilis lebih dulu beberapa tahun ke belakang berkolaborasi dengan Kenan Loui.

Berikutnya adalah sebuah interlude berjudul ISYANA yang juga merupakan sebuah latar belakang dari produksi single HOME , percakapan personal antara Isyana dan dan Rayhan.

Album ISYANA sudah dapat dinikmati di digital streaming platform sejak 26 Mei 2023.