Bagikan:

JAKARTA - Satu unit motor balap Honda NSR500V 1997 baru saja mencetak sejarah dengan memecahkan rekor harga lelang untuk motor pabrikan Jepang. Motor ini baru saja terjual seharga 267.000 dolar AS atau setara Rp4,3 miliar di laman Iconic Motorbikes Auctions.

Dengan angka fantastis tersebut, NSR500V menjadi motor Jepang termahal yang pernah terjual di lelang, mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Honda RC213V-S dengan harga setara Rp3,5 miliar pada tahun 2021. Namun harga ini masih jauh dari rekor Harley-Davidson "Strap Tank" 1908 yang laku hampir 1 juta dolar AS (setara Rp16,2 miliar kurs saat ini) pada tahun 2023.

Keunikan Honda NSR500V 1997

Melansir Forbes, Selasa,14 Januari, harga tinggi ini tidak lepas dari keistimewaan motor tersebut. Honda hanya memproduksi sekitar 20 unit NSR500V untuk balapan, dan unit ini, yang merupakan rangka pertama dengan mesin ketiga, tidak pernah dinyalakan atau dikendarai. Selama bertahun-tahun, motor ini hanya menjadi pajangan sebelum akhirnya dijual kepada pemilik pribadi yang menyimpannya dalam kondisi asli selama lebih dari dua dekade.

NSR500V dirancang dengan fokus pada bobot ringan dan performa tinggi. Motor ini menggabungkan material canggih seperti serat karbon, magnesium, titanium, dan aluminium. Bahkan cakram rem dan knalpotnya menggunakan serat karbon untuk mengurangi bobot. Dengan mesin V-twin 499cc dua langkah yang menghasilkan 135 hp dan bobot hanya 102 kg, motor ini menjadi salah satu motor balap paling ringan di masanya.

Debut NSR500V di Grand Prix Malaysia 1996 langsung mencuri perhatian. Pembalap Tadayuki Okada meraih pole position, mengalahkan rival yang menggunakan motor Honda NSR500 empat silinder yang lebih kompleks. Meski tidak menyelesaikan balapan, motor ini terus menunjukkan performa impresif di tangan para pembalap lain dan menjadi incaran kolektor karena jumlahnya yang sangat terbatas.

NSR500V juga menjadi simbol berakhirnya era balap motor dua langkah. Beberapa tahun setelah produksinya, aturan MotoGP menggantikan motor dua langkah 500cc dengan mesin empat langkah 1.000cc yang lebih ramah lingkungan. Sejak itu, motor dua langkah pun semakin sulit ditemukan, baik di lintasan balap maupun di jalanan.

Pemenang lelang motor ikonik ini belum terungkap, tetapi kemungkinan besar motor ini akan tetap disimpan sebagai koleksi berharga. Namun, siapa pun pemilik barunya, NSR500V akan terus menjadi saksi sejarah kejayaan Honda dalam dunia balap motor.