Seberapa Penting Asuransi Sepeda Motor?
Ilustrasi asuransi (Foto: Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Seberapa penting asuransi sepeda motor? Pertanyaan ini sering terngiang dalam kepala, khususnya bagi para pemilik kendaraan bermotor roda dua.

Ada yang berpendapat asuransi ini cukup penting lantaran bisa menjamin perlindungan, pertanggungan, dan ganti rugi dari risiko kecelakaan, kerusakan, maupun kehilangan sepeda motor.

Akan tetapi sebagiannya lagi menganggap tak perlu mengasuransikan sepeda motornya, karena mengira proses klaim asuransinya bakal sulit dan prosedurnya berbelit-belit.

Bagi Anda yang masih bingung, artikel ini akan membahas seberapa penting asuransi sepeda motor, sehingga Anda bisa menentukan pilihan apakah akan mengasuransikan sepeda motor Anda atau tidak.

Seberapa Penting Asuransi Sepeda Motor?

Dirangkum dari berbagai sumber, Minggu, 10 Maret 2024, berikut ini adalah alasan mengapa asuransi sepeda motor sangat penting.

1. Memberi perlindungan dari risiko kecelakaan

Anda tentu tidak tahu hal apa yang bakal terjadi selama berkendara dengan kendaraan bermotor roda dua. Nah, untuk meminimalisir kerugian, Anda bisa mengasuransikan sepeda motor Anda.

Dengan memiliki asuransi, perbaikan sepeda motor pasca kecelakaan bisa tergantikan dari besar atau kecilnya jenis kerusakan, perlindungan ini juga mencakup kerusakan akibat tabrakan, benturan, tergelincir, dan lain sebagainya.

2. Memberi proteksi bila terjadi kehilangan akibat pencurian

Risiko kehilangan sepeda motor akibat pencurian bisa menimpa siapa saja dan di mana saja. Dengan memiliki asuransi sepeda motor, Anda bisa memberikan proteksi ekstra bila musibah ini terjadi.

Akan tetapi, proses pengajuan klaim dan penggantian proteksi tersebut harus disesuaikan kembali dengan jenis asuransi yang dipilih. Umumnya, dalam proses pengajuan klaim sepeda motor hilang, akan lebih baik bila Anda menyertakan bukti rekaman CCTV dan bukti lainnya. Tak hanya itu, bukti-bukti tersebut juga dapat dipakai sebagai bahan laporan ke pihak berwajib.

3. Terhindar dari potensi pengeluaran mendesak

Perbaikan sepeda motor umumnya membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan bisa langsung menguras tabungan. Risiko tersebut bisa dihindari bila Anda memiliki asuransi sepeda motor.

Asuransi sepeda motor dapat menekan sejumlah biaya akibat risiko berkendara yang mampu mengacaukan kondisi finansial.

4. Memberi rasa aman ketika berkendara

Manfaat lainnya yakni asuransi sepeda motor bisa memberikan rasa aman dan nyaman saat berkendara. Sebab, pemilik produk asuransi motor bisa terlindungi dari berbagai macam risiko.

Anda tidak perlu khawatir memikirkan biaya yang harus ditanggung bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sebab pihak asuransi akan menanggung berdasarkan polis yang berlaku.

Kendati demikian, pastikan untuk tetap berkendara dengan waspada untuk meminimalkan potensi kecelakaan yang bisa berakibat fatal meskipun sudah terlindungi asuransi.

5. Mendapat fasilitas tambahan

Asuransi tidak hanya memberikan proteksi dan ganti rugi. Beberapa perusahaan ada yang menawarkan layanan tambahan yang sangat bermanfaat bagi pemegang polis.

Misalnya, fasilitas angkut sepeda motor ketika pengendara mengalami kecelakaan, dan layanan hotline 24 jam.

Selain itu, tidak jarang perusahaan asuransi yang menyediakan kendaraan pengganti untuk menjamin aktivitas agar tidak terganggu.

Demikian informasi tentang seberapa penting asuransi sepeda motor. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.