Bagikan:

JAKARTA - Yamaha kembali menorehkan prestasi gemilang yang memperkuat posisinya sebagai salah satu raksasa produsen kendaraan roda dua. Merek dengan logo 'Garputala' ini berhasil meraih sejumlah penghargaan dalam ajang Motor Plus Award (MPA) 2023, yang terdiri dari beberapa kategori.

Pabrikan asal Jepang ini berhasil memenangkan enam penghargaan dari sebelas kategori yang diperebutkan. Penghargaan-penghargaan tersebut diberikan kepada beberapa model, seperti NMAX, Grand Filano, Fazzio, dan Gear 125.

Tidak hanya berhasil meraih jumlah penghargaan terbanyak dalam tiga tahun berturut-turut, yaitu pada tahun 2019, 2021, dan 2023, Yamaha juga berhasil meraih gelar bergengsi lainnya, yaitu Motorcycle of The Year 2023.

“Pencapaian luar biasa ini tentu saja semakin memperpanjang catatan dominasi Yamaha dalam ajang MPA yang selama tiga kali berturut-turut berhasil membawa pulang jumlah penghargaan terbanyak,” ujar Antonius Widiantoro, Asst General Manager Marketing - Public Relation PT Yamaha Indonesia Manufacturing Motor (YIMM), dalam keterangan yang diterima VOI, Sabtu, 21 Oktober.

Berbeda dari beberapa edisi sebelumnya, ajang bergengsi ini menggunakan format yang berbeda. Dalam penilaiannya, kini didasarkan pada tiga poin utama: Harga, Total Cost of Ownership, dan Resale Value.

Dari segi penilaian harga, para dewan juri akan meninjau perbandingan harga motor serta teknologi dan fitur yang ditawarkan kepada konsumen. Kemudian, Total Cost of Ownership dinilai dari aspek pengeluaran selama satu tahun kepemilikan motor, baik dalam hal perawatan, biaya bahan bakar, maupun Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Selanjutnya, Resale Value mencakup nilai jual kembali setelah satu tahun kepemilikan motor. Sedangkan dalam hal pembagian kelas, kini mengacu pada kisaran harga di pasar tanpa membedakan tipe motor yang dijual.

Berikut adalah daftar motor pemenang yang berhasil diraih oleh Yamaha dalam ajang MPA 2023:

Motorcycle of The Year 2023: Yamaha XMAX Connected

Kategori Rp60 juta-70 juta: Yamaha XMAX Connected

Kategori Rp30 juta-Rp35 juta: Yamaha NMAX 155

Kategori Rp25 juta-30 juta: Yamaha Grand Filano

Kategori Rp20 juta-Rp25 juta: Yamaha Fazzio

Kategori kurang dari Rp20 juta: Yamaha Gear 125

Sementara itu, lima penghargaan lainnya berhasil diraih oleh pesaing-pesaing Yamaha, di antaranya:

Kategori Rp35 juta-Rp40 juta: Honda ADV 160

Kategori Rp40 juta-Rp60 juta: Suzuki V Storm 250 SX

Kategori Rp70 juta-Rp80 juta: Kawasaki Ninja 250 ABS SE 2023

Kategori Rp80 juta-Rp130 juta: Kawasaki Ninja ZX-25R ABS SE 2023

Kategori Motor Listrik: Yadea T9