Bagikan:

JAKARTA - Demi menarik perhatian pecinta balap motor khususnya MotoGP, Yamaha resmi meluncurkan YZF-R15M Monster Energy Edition 2023 untuk pasar Malaysia yang akan dijual secara terbatas berjumlah 600 unit.

Dilansir dari laman Paultan, Jumat, 13 Oktober, motor bergaya sport tersebut telah dibekali rem cakram hidrolik tunggal pada bagian depan maupun belakang dengan dua saluran ABS sebagai standar. Sistem pengereman ditutupi oleh pelek 17 inci dengan ban depan 100/80 dan belakang 140/70.

Pabrikan bermarkas di Iwata, Shizuoka, Jepang, melengkapi motor tersebut dengan unit pencahayaan LED baik pada bagian depan dan belakang, termasuk lampu DRL LED.

Yamaha mengeklaim bahwa R15M memiliki bobot 140 kg demi mengoptimalkan kelincahan dalam berkendara. Demi mendukung pengendaraan yang optimal, motor tersebut memiliki ketinggian jok 815 mm. Suspensi menggunakan garpu teleskopik terbalik yang tidak dapat disetel dan mono shock preload yang dapat disetel dipasang di bagian belakang.

Berpindah ke bagian posisi pengendaraan, ditampilkan layar LCD monokrom yang menghadirkan semua informasi terkini terkait motor. Untuk mengetahui catatan waktu tercepat, ada juga pengatur waktu di dalamnya.

Berbicara soal daya pacu, motor edisi spesial ini masih mengusung mesin yang sama dengan versi standarnya dengan 155cc silinder tunggal 4 katup berpendingin cairan SOHC disertai sistem Variable Valve Actuation (VVA), sehingga motor tersebut memiliki tenaga 19 dk dan torsi 14,7 Nm.

Performa dari mesin tersebut didukung oleh transmisi enam percepatan yang dilengkapi dengan quickshifter dan slipper clutch serta disalurkan ke roda belakang.

Tersedia secara terbatas, pelanggan perlu merogoh kocek sebesar 14.998 ringgit atau sekitar Rp49,7 jutaan untuk mendapatkan YZF-R15M yang diselimuti livery khas motor balap Yamaha yang berkancah di MotoGP. Namun, harga tersebut belum termasuk opsi lainnya yang ditawarkan oleh merek.