Suzuki RG125E, Motor Jadul yang Disangka RX-King
Suzuki RG125E, Motor Jadul yang Menyerupai RX-King

Bagikan:

JAKARTA - Publik pasti sudah mengenal Yamaha RX-King, salah satu motor legendaris yang tenar dengan mesin 2-tak dengan suara knalpot yang beringas.

Namun, bukan hanya Yamaha yang pernah memproduksi motor sport naked dengan desain kotak ini. Ada Suzuki yang pernah membuat motor dengan desain yang kurang lebih sama dengan RX-King.

Motor dari Suzuki tersebut ialah RG125E, merupakan motor yang diperkenalkan pada tahun 1980 di Jepang. Yang artinya, motor tersebut tiga tahun lebih tua daripada RX-King.

RG125E merupakan generasi berikutnya dari model sebelumnya RG125. Berdasarkan situs Suzuki.co.jp, Suzuki RG125E dibekali mesin 125 cc dengan pembaharuan gaya yang dikombinasikan rangka semi double cradle yang ringan.

Dapat dilihat dengan mata telanjang, Suzuki RG125E memang sangat mirip dengan RX-King. Mulai dari desain lampu depan, lampu sein hingga speedometer yang menyerupai motor legendaris tersebut.

Desain spion juga masih khas retro dengan bentuk bulat yang memanjang sehingga terlihat kurang menyatu dengan desain motor.

Untuk spesifikasi mesin, Suzuki RG125E mengusung 124 cc 2-tak 2-silinder paralel dengan pendingin udara dan transmisi manual lima percepatan yang dapat mengeluarkan daya 15,7 dk dengan torsi 12,7 Nm. Tentunya daya yang dihasilkan sedikit lebih unggul dibandingkan RX-king dengan 14 dk.

Pada masanya, Suzuki RG125E dijual dengan harga 215.000 Yen atau kisaran Rp24,6 juta.