Bagikan:

JAKARTA - Merek otomotif ternama dari Korea Selatan, Kia berniat untuk memperluas jajaran kendaraan listriknya di masa depan. Bahkan, pabrikan ini berniat untuk menghadirkan Carens versi EV di masa yang akan datang.

Ini dibuktikan dengan tangkapan kamera mata-mata yang memperlihatkan MPV ini tengah diuji coba di jalanan India. Carens EV memiliki sejumlah perbedaan bila dibandingkan dengan versi ICE-nya.

Melansir dari Autocar India, Selasa, 24 September, Carens EV mempertahankan beberapa elemen yang sama seperti versi mesin pembakarannya. Namun, perubahan gaya ditampilkan dengan grill tertutup yang mirip seperti EV9.

Kemudian, bumper depan dan belakang pada Carens EV juga direvisi dan desain peleknya menyerupai lini Kia lainnya, seperti EV3 dan EV5.

Karena mobil ini ditenagai oleh motor listrik dan baterai, MPV ramah lingkungan ini tidak memiliki pipa knalpot serta pengaturan suspensi yang berbeda dari versi ICE-nya.

Dilaporkan bahwa Carens EV akan berbagi powertrain dengan Creta versi EV. Ini sekaligus menguatkan potensi MPV ini akan dibangun di atas platform yang sama seperti SUV kompak dari Hyundai tersebut.

Dengan demikian, Carens EV akan dibekali dengan paket baterai 45 kWh yang akan menggerakkan motor listrik yang digunakan pada Kona Electric terbaru yang dijual di pasar global. Penggerak listriknya akan dipasang di depan.

Ini akan menjadi MPV bertenaga listrik pertama yang akan dihadirkan oleh Kia dan diharapkan akan menyaingi BYD eMax 7 atau disebut M6 di beberapa pasar. Disebutkan juga Carens EV akan menandai debut globalnya pada paruh pertama tahun depan.

Selain Carens EV, Kia berencana untuk memperkenalkan sejumlah produk terbaru termasuk Syros yang dijadwalkan meluncur pada awal tahun 2025.